Ans Takalapeta dan Ety Tokan, Pimpin Partai Golkar Flores Timur

Maria Goreti Tokan, S.Sos (Kedua dari kiri) berpose bersama Melkianus Mekeng Bapa dan Yosep Sani Betan (kanan) dalam sebuah momen Partai Golkar. Foto: BNN/doc.etytokan.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Propinsi NTT tertanggal 27 Agustus 2018, melakukan pemberhentian sementara kepada Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Flores Timur,Yosep Sani Betan dan Sekertarisnya Damianus Rianghepat.Golkar Flotim selanjutnya dipimpin sementara oleh Ansgerius Takalapeta dan Maria Goreti Tokan.

Sebagaimana yang tertera dalam Surat Keputusan DPD Partai Golkar NTT bernomor :SKEP-40/DPD/Golkar/NTT/VIII/2018 yang copiannya diterima BaliNewsNetwork.com,Kamis,30 Agustus 2018 Ketua DPD Partai Golkar NTT, Emanuel Melkiades Lena dan Sekertaris, Inche D.P.Sayuna  menandatangani Surat Keputusan  tetang pemberhentian sementara Ketua dan Sekertaris DPD Partai Golkar Kabupaten Flores Timur dan Pengangkatan serta Penetapan Pelaksana Tugas Ketua dan Pelaksana Tugas Sekertaris  Partai Golkar Flotim.

Kepada Ansgerius Takalapeta  dan Maria Goreti Tokan,DPD Partai Golkar Propinsi  NTT memberikan mandat pimpin Partai Golkar Flotim sebulan lamanya terhitung dari tanggal penetapan Surat Keputusan tersebut dengan tugas melaksanakn tugas-tugas Ketua  dan tugas-tugas Sekertarsi DPD Partai Golkar Flotim , melakukan konsolidasi organisasi serta mempersiapkan Musdalub jika diperlukan.

Lantas apa yang menjadi pemicu hingga DPD Partai Golkar NTT mengambi alih kepemimpinan Partai Golkar di Flores Timur itu?

Sebagaimana yang tertera dalam Surat DPD Partai Golkar NTT Nomor 192/DPD/GOLKAR/NTT/VIII/2018,tanggal 27 Agustus 2018  yang ditujukan kepada Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Flores Timur,DPD Partai Golkar NTT membentangkan alasan pengambil alihan pimpinan itu dikarenakan ada perubahan nama dalam daftar calon legislatif yang dimasukan DPD Partai Golkar Kabupaten Flotim ke KPU Kabupaten Flores Timur per 31 Juli 2018 tanpa berkoordinasi dengan DPD Partai Golkar NTT dan DPP Partai Golkar.

Pada point satu surat tersebut,DPD Partai Golkar NTT secara tegas menandaskan SK dan lampiran caleg hasil pembahasan bertingkat sampai DPP yang diberikan DPD Partai Golkar NTT kepada DPD Partai Golkar Kabupaten Flotim,bersifat final dan mengikatdan wajib untuk didaftarkan ke lembaga penyelenggara pemilu di Kabupaten Flores Timur.

“Sesuai kewenangan yang DPD Partai Golkar NTT miliki, apabila ada perubahan karena berbagai alasan terkait nama caleg atau nomor urut harus dibahas secara bersama, musyawarah mufakat dengan sepertujuan DPD Partai Golkar NTT,” tegas Ketua DPD Partai Golkar NTT Emanuel Melkiades Laka Lena dan Sekertaris Inche D.P Sayuna pada point kedua surat itu.

Melanjutkan penegasan dalam surat bersifat pemberitahuan tersebut,pada point ketiga, DPD Partai Golkar NTT menegaskan tindakan di luar keputusan partai dan kewenangan yang diberikan dapat diberikan sanksi yang tegas sesuai peraturan dan disiplin organisasi oleh DPD Partai Golkar NTT  Sedangkan pada point keempat, DPD partai Golkar NTT secara tegas menandaskan,perubahan yang dilakukan oleh DPD Partai Golkar Flotim secara sepihak tanpa koordinasi dengan DPD Partai Golkar NTT adalah merupaka pelanggaran terhadap disiplin organisasi.

“Konsolidasi partai sampai tingkat desa/kelurahan yang tidak dilaksanakan sesuai target waktu yang disepakati,serta tidak menghadirkan pengurus partai dan para caleg dalam kegiatan organisasi di tingkat propinsi,sesuai undangan DPD Partai Golkar NTT adalah bukti ketidakseriusan saudara melaksanakan perintah organisasi .Undangan yang disampaikan DPD Partai Golkar NTT kepada Ketua dan Sekertaris DPD Partai Golkar Kabupaten Flotim untuk memberikan klarifikasi  terkait perubahan nama-nama caleg yang didaftarkan ke KPU Kabupaten Flotim pada tanggal 14 Agustus 2018 tidak direspon oleh Ketua dan Sekertaris DPD Partai Golkar Kabupaten Flores Timur,” tandas Ketua dan Sekertaris DPD Partai Golkar Propinsi NTT pada point 5 dan 6 Surat tersebut.

Berkenan dengan hal-hal tersebut  maka DPD Partai Golkar Propinsi NTT Dalam rapat Pleno tanggal 25 Agsutus 2018 telah menyepakati untuk mengambil alih kepengurusan DPD Partai Golkar Kabupaten Flotim dengan menunjuk PLT (Pelaksana Tugas) Partai  Golkar Kabupaten Flores Timur untuk sementara waktu guna mengoptimalkan konsolidasi orgnaisasi di Kabupaten Flotim. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment