Flotim Ciptakan Sejarah Baru, Menuju  Perubahan APBD TA 2018 Dengan 3 Milyar

Asisten I Setda Flotim, Abdul Razak Jakra mendampingi tim BKD Flotim dalam rapat gabungan Komisi DPRD Flotim, Rabu, 29 Agustus 2018. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Kelesuan anggaran yang sedang dialami  hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah Flores Timur di pelaksanaan APBD  Tahun Anggaran 2018, sepertinya tetap menjadi duka yang masih terlitanikan. Ruang ‘berkat’ yang biasanya diperoleh pada arena Perubahan APBD sepertinya tidak memberikan mereka berkat itu. Sisa Silpa hanya ada 3 Milyar lebih sedikit !

Kondisi tersebut terungkap dalam rapat gabungan komisi DPRD Flotim  bersama mitra kerja Badan Keuangan Daerah Flotim, Selasa, 28 Agustus 2018 terhadap LPJ  APBD 2017 dan Prognosis Semester II. Rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD,Mathias Werong Enay, ST itu penuh bertaburan dengan luapan kekecewaan serta penyesalan barisan wakil rakyat Flores Timur berkaitan dengan sistem pengelolaan anggaran.

Anton Lebu Maran, Ignas Boli Uran, Mikhael Honi Kolin, Safrudin Abbas, Anis Parun dan Mathias Enay bertubi-tubi melentingkan pertanyaan meminta penjelasan Plt. Kadis BKD Cipto Keraf yang didampingi oleh Asisten I, Abdul Razak Jakra terkait posisi terkini pengunaan Silpa dari total Silpa 56,7 milyar lebih  dalam APBD TA 2018 itu.

Asisten I Setda Flotim,Abdul Razak Jakra terhadap permintaan tersebut dengan lugas menguraikan posisi Silpa sebagaimana yang dilaporkan Plt. Kadis BKD Cipto Keraf bahwa dari total 56,7 milyar lebih, telah digunakan pada momen mendahului perubahan sebesar 43,3 milyar lebih maka menyisakan 13 milyar. Dalam 13 milyar lebih itu,10 milyar diperuntukan untuk membayar tunjangan profesi guru. Maka sisa Silpa sebesar 3 milyar lebih.

Realitas yang dibentangkan Abdul Razak tersebut oleh Mikhael Honi Kolin merupakan sebuah catatan sejarah baru bagi Flores Timur.

“Ini sejarah bagi Flotim.Kita harus catat ini sebagai sejarah kita bahwa ketersediaan dana kita 3 milyar. Pa As, Pa Plt BKD,urus satu kabupaten Flotim ini dengan dana 3 milyar? Saya minta tim anggaran pemerintah daerah segera urus ini. Lihat memang,apabila ada program yang tidak mungkin dilaksanakan, lakukan pergeseran memang. Biasanya di Perubahan akan muncul banyak permintaan anggaran, namun stock kita cuma 3 milyar ini? Rancangkan yang baik memang, agar tidak membuat kita pusing dalam pembahasannya nanti. Ingat konsisten dengan anggaran yang tersedia!,” tandas Mikhael Honi Kolin.

Senada Mikahel Kolin, Ignas Uran dan Mathias Enay pun meminta pihak eksekutif untuk mengajukan rancangan kegiatan berdasarkan anggaran yang tersedia.Jangan asal trend defisit! (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment