Gadaikan Mobil Sewaan, Pria Ini Ngaku Buat Bayar Kredit Mobil Xenia Miliknya

Tsk saat rilis. Foto: bnn/sid.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sungguh terlalu yang dilakukan oleh tersangka Anang Heru (37), yang tinggal di Banjar Kelapa Balian, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana.

Tersangka membeli mobil jenis Xenia dengan cara mencicil alias kredit namun karena tak mampu membayar. Tersangka pun menggelapkan mobil sewaan yang ia sewa dari korban Ahmad Nawawi, (43).

“Barang bukti yang berhasil diamankan satu unit mobil Toyota Avanza warna putih dengan nopol DK 827 FZ dan mobil Xenia XI VVTI DK 1101 AY warna biru muda metalik,” terang Kapolresta Denpasar Kombes Pol Hadi Purnomo, Selasa (20/02).

Rabu (14/02) Tim Opsnal Unit 5 berkoordinasi dengan Polres Jember telah melakukan pencarian terhadap mobil merek Toyota Avanza T.1300 GM yang berwarna putih tersebut dengan nopol DK 827 FZ di daerah Ambulu, Jember yang disewa tersangka.

“Modusnya tersangka menggadaikan mobil tersebut ke daerah Jember,” terangnya.

Mobil tersebut disewanya pada Kamis (28/12) tahun lalu sekitar pukul 10.00 Wita di daerah Jimbaran.

Kemudian, pada Selasa (09/01) tersangka menggadaikan mobilnya sebesar Rp 25 juta. Dua harinya kemudian tersangka mentransfer uang Rp 2 juta sebagai pembayaran pertama. Lantaran mobil tersebut disewa tersangka seharga Rp 4,5 juta per bulan dengan cara dibayar dua kali yaitu setiap pertengahan bulan dan akhir bulan.

Selang beberapa hari saat korban menghubungi handphone tersangka tenyata sudah tidak aktif. Dan keberadaannya pun tidak diketahui. Selang beberapa hari kemudian teman korban bertemu tersangka di daerah Karanganyar, Jember, Jawa Timur. Mengetahui permasalahan tersebut tersangka kemudian langsung diajak ke Bali. Dan korban melapor ke pihak kepolisian.

Usai mendapatkan keberadaan informasi tersebut kemudian Kamis (15/02) tim bergerak menuju lokasi. Sesampainya di lokasi tim menemukan rumah yang diduga milik makelar atas nama Huda.

“Pelaku tidak ada ditempat saat itu. Hanya barang buktinya saja,” jelasnya.

Hasil dari kejahatan penggelapan mobil tersebut dipergunakan untuk membayar cicilan mobil Xenia miliknya. Tim kemudian mengamankan unit Xenia yang juga digadaikan di daerah Ambulu, Jember Jawa Timur. (Sid)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment