Kurir Setengah Kilo Sabu Divonis 12 Tahun Penjara

I Gede Sudarta dan Tutik Ernawati (bnn/pro)

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sepasang kekasih yang terjerat kasus pemufakatan jahat, memiliki, menyimpan, menguasi setengah kilo sabu (683,65 gram) I Gede Sudarta dan Tutik Ernawati divonis 12 tahun penjara dalam sidang, Senin (5/2).

Majelis hakim dalam amar putusanya menyatakan kedua terdakwa yang tinggal ditempat bereda itu terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat, memiliki, menyimpan, menguasi Narkotika golongan I.

Perbutan terdakwa melanggar Pasal 112 ayat (1) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.”Menghukum kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 12 tahun,”tegas majelis hakim pimpinan Made Pasek.

Selain menghukum penjara, majelis hakim juga mengganjar kedua terdakwa dengan pidana denda sebesar Rp 1 miliar.

“Apa bila tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama 4 bulan,”tegas Hakim Made Pasek. Vonis ini lebih ringan 3 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Wayan Sulasmini.

Seperti diberitakan sebelumnya, kedua terdakwa ditangkap pada bersamaan yaitu tanggal 6 Oktober 2017 sekira pukul 20.30 Wita di KFC Kebo Iwa dan Kamar Kost di daerah Dalung.

Pada saat itu polisi yang sudah melakukan penyelidikan terlebih dahulu melakukan penangkapan terhadap kedua terdakwa yang sedang bedara dalam sebuah mobil.

Polisi lalu menghentikan mobil yang dikemudikan terdakwa I Gede Sudarta di KFC Kebo Iwa. Didalam mobil itu ada juga terdakwa Tutik Emawati.

Saat itu pula langsung dilakukan penggeledahan terhadap kedua terdakwa dan juga mobil yang ditumpangi. Polisi menemukan 5 plastik klip yang didalamnya berisi sabu-sabu sebarat 499,95 gram sabu yang disimpan didalam dashboard sebelah kiri.

Selain itu polisi juga menemukan 7 plastik klip dalam tas pinggang yang masing-masing plastik klip berisi 30 paket berisi sabu dengan berat total 168,53 gram. Polisi kembali menemukan beberapa paket sabu sebarat 12,16 gram.

Selain itu polisi juga menemukan 4,01 gram sabu di rumah kos kedua terdakwa di Jln. I Wayan Gentuh No. 5. Terungkap pula, sebelum kedua terdakwa tertangkap, keduanya juga mengaku telah menempel beberapa paket sabu sesuai perintah sesorang yang bernama Kakak Jhon.

Selain itu, menurut pengakuan I Gede Sudarta barang bukti sabu yang ditemukan polisi tersebut semuanya adalah milik orang yang bernama Jhon.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment