Delapan Pejabat Eselon Pemda Bali Positif Benzo

Wagub Bali I Ketut Sudikerta mendaftar diri untuk mengikuti test urine.BNN/IST

Denpasar/BaliNewsnEtwork.com-Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali melakukan tes urine kepada pejabat eselon 1,2,3 dan 4 Pemerintah Provinsi Bali, Senin (27/11) pukul 08.00 Wita. Kegiatan ini dilakukan setelah apel pagi hari bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Bali, Renon, Denpasar.

Sekitar 784 pejabat eselon 1,2,3 dan 4 di lingkungan Pemda Bali diperiksa termasuk Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta.

Kepala BNNP Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa mengungkapkan, tes urine ini menindaklanjuti hasil koordinasi antara BNNP Bali dan Pemerintah Provinsi  Bali yang ingin mengetahui bentuk akuntabilitas kinerja pejabat eselon 1,2,3 dan 4 di lingkungan Pemda Bali.

“Ada sekitar 784 orang terdiri dari Wakil Gubernur, Sekda Provisi Bali ditambah  44 orang eselon 2, kemudian 220 orang eselon 3, dan 521 orang eselon 4. Sebanyak 8 orang dinyatakan positif, dengan penggunaan resep dokter. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil tes urine ini tidak ditemukan indikasi penggunaan narkotika alias nihil,” ujarnya, Senin (27/11).

Dipaparkannya, kegiatan tes urine dilakukan secara mendadak atau sidak dengan tujuan agar hasil tes yang didapatkan benar-benar akurat dan merupakan langkah awal mendeteksi penggunaan narkoba di kalangan pejabat Pemprov Bali.

Sementara itu Kabid Penindakan dan Pemberantasan AKBP Ketut Artha menjelaskan, dari 8 orang yang positif tersebut bukanlah positif narkoba.

“Itu mereka itu positif karena minum obat, namanya positif Benzo, mereka punya resep dari dokter, bukan pengguna narkotika,” terangnya.

Usai dilakukan tes urine, hasilnya langsung dilaporkan kepada Gubernur Provinsi Bali. Bagi pejabat yang belum melaksanakan test  urine maka akan melakukan test susulan di Klinik Pratama BNNP Bali Jalan Kamboja pada beberapa hari ke depan.

“BNN dan Pemprov Bali melakukan kegiatan pengawasan dan preventif agar semua pihak waspada dan dapat menjaga diri dan tidak terlibat dengan penyalahgunaan narkoba, terlebih yang menjalani tes urine adalah pejabat-pejabat yang menjadi contoh,”” tutup Kepala BNN Bali. (SID)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment