Waspada,  Pengguna Narkoba di Bali Capai 62 Ribu Lebih

Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs. I Gede Suastwa. BNN/SID

Kuta/BaliNewsNetwork.com-Guru memegang peranan yang sangat penting dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Salah satunya adalah mengupayakan suatu keadaan yang dapat menguatkan motivasi siswa untuk belajar di sekolah melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan positif. Hal tersebut akan mendorong tingkah laku yang positif sehingga meminimalisasi dorongan penyalahgunaan narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali Brigjen Pol. Drs I Putu Gede Suastawa mengungkapkan, saat ini ada sekitar 62.457 pengguna narkoba di Bali. Karena itu, dibutuhkan peran dari instansi pemerintah ataupun lembaga swasta untuk berkomitmen dalam pemberantasan narkoba.

“Saat ini 62.457 orang di Bali adalah pengguna, di bawah permukaan, belum muncul karena itu butuh komitmen dan urun tangan semua pihak,” ungkap Brigjen Pol. Drs I Putu Gede Suastawa, Kepala BNNP Bali, saat menjadi narasumber dalam kegiatan Pengembangan kapasitas Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Pendidikan di Kuta, Badung, Kamis (23/11).

Dalam acara tersebut ada sekitar 40 orang pendidik dengan profesi wakil Kepala sekolah dan Guru Bimbingan Konseling dari Sekolah Menengah Atas (SMA) perwakilan Se-Provinsi Bali yang diundang.

Peran serta instansi pemerintah dan swasta  terkandung dalam UU No 35 tahun 2009 pasal 104,106,108,dan 109 tentang peran serta masyarakat dalam Pencegahan Pemberantasan penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 2013  tentang Pelaksanaan UU No. 35 tahun 2009, Peraturan Menteri Dalam Negeri No 21 tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Perda No 7 tahun 2017 terkait P4GN tanggal 28 Agustus 2017, serta Surat Edaran Menpan RB No. 50 tahun 2017 tanggal 11 Oktober 2017 tentang Pembentukan Relawan, Test Urine bagi ASN dan CPNS serta Sosialisasi Bahaya Narkoba di masing-masing instansi.

BNNP Bali telah melaunching kurikulum terintegrasi tentang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Tingkat SLTP dan SLTA pada tanggal 26 Juni 2016 bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2016 serta pengukuhan relawan P4GN pecalang sebanyak 1.276 orang, pencanangan Kampung Bersih Narkoba, penyusunan perarem atau peraturan desa adat serta pembentukan 3 instansi vertikal BNNK di Bali, yaitu BNNKabupaten Buleleng, BNN Karangasem, dan BNN Klungkung.

Peran guru dalam P4GN terbagi dalam 4 garis besar. Pertama sebagai pendidik, guru memiliki wibawa, tanggung jawab, moral dan sosial. Kedua, sebagai pembimbing, guru dapat membimbing pendidikan berdasarkan pengetahuan. Ketiga, guru sebagai penasehat, dapat berbicara secara terbuka, memberikan problem solving, bimbingan konseling. Terakhir, guru sebagai model atau teladan, menjadi panutan bagi pelajar. (SID)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment