Asah Keterampilan Menulis,  GSC Solor Barat Adakan Pelatihan  Pengembangan Media Komunitas

Para peserta pelatihan pengembangan media komunitas sedang mempresentasikan hasil penulisan berita. BNN/IST

Ritaebang/BaliNewsNetwork.com-Untuk mengasah keterampilan menulis warga  kecamatan Solor Barat (Solbar), Unit Pelaksana Program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC)  Kecamatan Solor Barat menggelar pelatihan pengembangan  media komunitas, yang berlangsung selama dua hari Rabu (21/11) dan Kamis (22/11).

Pelatihan yang melibatkan  para pendamping program GSC tingkat desa  dan unsur pemerintah desa  se-Kecamatan Solbar tersebut membuahkan hasil  terbentuknya Komunitas Menulis Warga Kecamatan Solor Barat.

Pelatihan menulis oleh GSC Solor Barat

Fasilitator Kecamatan (FK) GSC  Solor Barat,Stefanus Afridus Laka  dan Asisten FK Wilfridus Pisdon   menjelaskan kegiatan  tersebut  dilaksanakan untuk mendukung ruang kreasi warga  yang oleh program GSC telah menginisiasi terbentuknya Balai Rakyat di setiap desa di Kecamatan Solor Barat.

“Melalui Balai Rakyat, warga diharapkan warga  dapat mendiskusikan  hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan di desanya masing-masing dan mempublikasinya  baik melalui mading (majalah dinding) desa maupun media massa  cetak maupun online. Untuk mengasa keterampilan menulis itulah maka kami menyelenggarakan kegiatan ini  dengan menghadirkan pemateri  tentang Mading dan Buletin, serta  Jurnalistik dan Foto Jurnalistik,” urai Afridus Laka dan Wilfridus Pisdon.

Camat Solor Barat Simon Sabon Taka melalui Kasie Trantib Urbanus Werang  dalam sambutannya ketika membuka kegiatan pelatihan pengembangan media komunitas tersebut mengingatkan peserta untuk menekuni ilmu menulis yang  disalurkan para pemateri  itu agar dapat mempublikasikan segala hal yang berkaitan dengan kenyataan pembangunan di desa.

“Tak  berhenti sampai di sini, kegiatan ini harus dapat melahirkan sebuah konsep Komunitas Warga Solor Barat Menulis. Para peserta harus menjadi pelopor gerakan menulis ini,” pinta Urbanus Werang.

Tim GSC Solor Barat mengadirkan ketiga pemateri  yang terdiri dari pegiat sastra Tintus Belang dan dua pemateri dari kalangan pers masing-masing Eman Niron dari Media Online BaliNewsNetwork.com dan Stanis Ola dari Media Florespost.com. (Emnir).

Editor: RahmanSabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment