DKP NTT Hibah 260 Kapal untuk Nelayan

Kepala Dinas DKP NTT, Ganef Wurgiyanto. Foto: bnn/amar ola keda.

Kupang/BaliNewsNetwork-Dinas Kelautan dan perikanan (DKP) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menghibahkan 260 unit Kapal ketinting bagi para nelayan se-provinsi NTT.

Kepala Dinas DKP NTT, Ganef Wurgiyanto, kepada awak media di kantornya, Sabtu (14/10) mengatakan laut NTT memiliki potensi yang sangat banyak, namun belum dimanfaatkan secara maksimal karena keterbatasan fasilitas.

“Laut kita banyak ikan tetapi para nelayan pada umumnya masih melaut secara tradisional karena keterbatasan fasilitas seperti perahu dan alat tangkap”, ungkap Ganef.

Ganef menambahkan, persoalan tersebut merupakan cambuk bagi pemerintah untuk bagaimana mensejahterakan dan meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan.

“Tahun ini kami siapkan 260 Unit Kapal motor, yakni 195 unit kapal ketinting dan 65 unit kapal 3GT,” jelas Ganef.

Menurutnya, proses ferivikasi sudah selesai dan akan didistribusikan ke-22 Kabupaten/Kota di NTT dengan jumlah yang terfluktuasi setiap kabupaten berbeda.

“Bantuan ini dikhususkan bagi masyarakat nelayan. Kapal ketinting sebanyak 165 unit merupakan batuan skala rumah tangga, sedangkan kapal 3GT sebanyak 65 unit dalam bentuk kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 3 sampai 5 orang per kelompok”, ungkapnya.

Dikatakan pula, bantuan kapal tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan navigasi dan alat tangkap dan juga bahan bakar untuk sekali melaut.

“Rencananya minggu depan bantuan tersebut akan kami distribusikan kepada penerima, saya akan terus kawal sehingga tidak salah sasaran,” ujarnya.

Ganef berharap, bantuan yang akan disalurkan bermanfaat dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan di Provinsi NTT. (Amar Ola Keda)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment