David Tabana (baju merah bertuliskan ABA) Porles Timor Tengah Selatan. BNN/Amar Ola Keda.

Kupang/balinewsnetwork.com,- David Tabana, pelaku perdagangan manusia (human traficking) berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Timor Tengah Selatan (TTS) di perumahan BTN Kolhua, Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, NTT, Minggu (13/8/2017) sekitar pukul 20.00 wita.

David diduga kuat sebagai salah satu pelaku kasus deportase terhadap 87 TKW asal NTT pada tahun 2013 silam.

“Setelah berkoordinasi dengan Satgas Trafficking Polda NTT dan Satuan Buser Polres Kupang Kota, pelaku akhirnya ditangkap tanpa melakukan perlawanan. David merupakan salah satu pelaku Deportase 2013 dan pernah ditahan Polda NTT,” ujar Kasat Reskrim Polres TTS, Iptu Yohanes Suhardi kepada BNN, Selasa (15/8/2017).

Suhardi mengatakan, saat ini pelaku ditangkap karena diduga terlibat dalam kasus human trafficking dengan Korban Ance Juliana Punuf asal Desa Toineke, Kecamatan Kualin, TTS dengan nomor laporan polisi LP/11/VI/2017 tanggal 3 Juni 2017.

“Dari hasil pengembangan penyelidikan terhadap tiga tersangka, David merupakan pelaku yang bertugas memalsukan dokumen berupa KTP dan kartu keluarga milik korban,” kata Yohanes.

Pada Juli tahun 2014, korban Ance Juliana Punuf di rekrut oleh pelaku Yusmina Nenohalan dengan modus mengerjakan korban di Kota Kupang. namun, setelah memalsukan dokumen, korban diberangkatkan ke Malaysia dan bekerja selama 3 tahun tanpa menerima upah dan mengalami penyiksaan sadis.

“Korban sampai saat ini masih dalam kondisi sakit. Korban saat itu dijemput pelaku Selvi Koy di Desa Toineke dan menyerahkan korban ke Yanti Banu dan selanjutnya diserahkan ke pelaku, David Tabana. Selanjutnya David menghubungi pelaku Boy Moy untuk membuat paspor korban di kantor Imigrasi Jakarta Barat tanpa prosedur,” imbuh Yohanes.

Informasi yang dihimpun media ini,  kasus deportase itu terungkap setelah pada tahun 2013, negara Malaysia mendeportase 87 TKI ilegal asal NTT. Pada Maret 2013, Polda NTT menangkap lebih dari tujuh kepala cabang PJTKI. Kasus ini dilaporkan ke Polda NTT oleh mantan anggota DPR RI asal NTT, Sarah Lerik Mboik.

Beberapa pelaku yang saat itu ditahan yakni, Andi Killa, Gerson Pah, Petrus Dasilva dan David Tabana. Namun, para pelaku ini bebas setelah ditangguhkan penahanannya. (Amar Ola Keda)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment