Foto:bnn/amar ola keda.

Kupang/BaliNewsNetwork-Setelah resmi berhenti dari Metro TV, Najwa Sihhab memilih menjadi Duta Baca Indonesia.

“Yang jelas saya sekarang fokus sebagai Duta Baca Indonesia dan sampai saat ini saya masih mencintai dunia jurnalis karena jurnalis telah membesarkan saya,” ujar Najwa kepada wartawan di Hotel Aston Kupang, Jumat (11/08).

Setelah menjadi Duta Baca Indonesia, Najwa berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk megajak warga NTT untuk kembali jatu cinta kepada dunia literasi.

“Sebetulnya bukan minat bacanya rendah tetapi akses terhadap buku-buku itu yang masih sangat kurang,” kata wanita yang akrab disapa Nana ini.

Menurut Najwa, literasi mempunyai kaitan dengan radikalisme sehingga literasi menjadi kunci yang harus dipersiapkan untuk generasi.

“Dengan membaca anak-anak akan sadar bahwa berbeda itu rahmat. Saya akan menjadi provokator supaya orang juga tertular virus baca, hanya itu yang bisa saya lakukan semoga virus itu tertular cepat dan saya percaya di NTT ini harus menjadi tempat paling subur tempat menyebarnya virus literasi,” imbuh Najwa.

Najwa menambahkan, membaca itu seperti olaraga yang harus dilatih. Semakin sering di lakukan daya tahan semakin kuat sehingga kemampuan untuk menyerap informasi lewat membaca semakin baik .

“Kemampuan membaca merupakan kemampuan dimana kita dapat menganalisa dan mengolah karena membaca bukan mengeja tetapi mencerna makna supaya bisa mengalirkan satu hal ke hal lain,” pungkas Najwa. (Amar Ola Keda)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment