Pengibaran bendera merah putih di sepanjang tebing Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Badung, Bali, Senin (14/08). Foto: bnn/ist.

Badung/BaliNewsNetwork-Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72, Polda Bali menginisiasi pengibaran bendera merah putih dengan panjang 400 meter, dan lebar 4 meter di sepanjang tebing Pantai Pandawa, Kuta Selatan, Badung, Bali, dengan ketinggian kurang lebih 60 meter, Senin (14/08) sore.

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose menegaskan, bentuk pengibaran bendera merah putih raksasa tersebut sebagai simbol setia kepada NKRI, dan setia pada segala bentuk perbedaan.

Ditegaskan oleh mantan Kepala BNPT RI ini bahwa pihaknya akan konsekuen atau komit menjaga tanah NKRI dari hal-hal yang bersifat mengancam atau memecah belah NKRI seperti radikalisme, ataupun perbedaan yang bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurut pandangan Kapolda, saat ini banyak terjadi perpecahan serta bentuk radikalisme lainnya yang mengancam keutuhan NKRI. Karena itu Polri katanya, komit akan menjaga segala bentuk itu semua.

Foto: bnn/ist.

“Bicara tentang merah putih bicara tentang Pandawa. Polri akan tetap setia pada perbedaan,” tegasnya disela-sela acara, Senin (14/08) sore.

Tampak peserta berderet rapi dengan menggunakan kostum kaos merah dan putih sehingga indah dilihat. Pengibaran bendera tersebut mendapatkan penghargaan atau rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pengibaran bendera terpanjang di dunia.

Senior Manager Rekor MURI, Awan Rahargo mengatakan, rekor MURI ini termasuk kriteria superlatif. “Pengibaran ini merupakan pertama pengibaran bendera di tebing terpanjang,” ujarnya.

Awan menambahkan, raihan rekor MURI Dunia ini mampu mengalahkan peraih rekor muri sebelumnya yang mengelilingi sebuah pulau dengan bentangan panjang 17,3 km. “Ini merupakan pertama kali pengibaran di tebing,” katanya.

Kegiatan pengibaran bendera di Pandawa sendiri diikuti oleh jajaran kepolisian Polda bali, ribuan pelajar SMP dan SMA se-Kuta Selatan dan ketua serta tokoh lingkungan di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tema kegiatan ini sendiri yaitu “Pandawa Merah Putih”. Bendera raksasa tersebut akan berkibar hingga tanggal 31 Agustus 2017 mendatang. (Sid)

 

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment