Penutupan Pan Pacific, Rp 48,6 Milyar PAD Hilang

Foto: bnn/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork-Pendapatan Asli Darah (PAD) Tabanan dari pajak hotel dan restoran  hilang sebesar Rp 48,6 Milyar karena penutupan Hotel Pan Pacific Nirwana Bali Resrot yang berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan.

Hal itu diungkapkan I Made Sukada selaku Kepala Badan Keuangan Daerah Tabanan, Selasa (01/08). Pejabat asal Kapal, Badung ini mengatakan pasca adanya informasi mengenai penutupan sementara operasional Pan Pacific NBR di kawasan Tanah Lot, pihaknya pun sudah sempat datang langsung ke lokasi dan bertemu dengan bagian keuangan di  hotel berbintang lima di Tabanan tersebut. Saat itu didapatkan informasi bahwa Pan Pacific NBR akan mulai menutup operasionalnya di awal bulan Agustus 2017 hingga tiga tahun kedepan karena akan melakukan redesign. “Untuk di tahun 2017 saja Tabanan kehilangan potensi PAD selama lima bulan yakni mulai Agustus hingga Desember yang besarannya sekitar Rp 6,7 Miliar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Pan Pacific NBR sendiri setiap bulannya harus membayarkan pajak hotel, restoran dan air tanah dengan besaran kurang lebih Rp 1,35 Miliar. Maka jika resort milik MNC Group tersebut tutup selama tiga tahun untuk melakukan pengembangan dan perluasan resort, maka Tabanan akan kehilangan PAD sekitar Rp 48,6 Miliar. “Di tahun 2016 Pan Pacific NBR menyetorkan sebesar RP 16,2 Miliar per tahunnya untuk pajak hotel, restauran dan air tanah, sehingga jika tiga tahun tutup maka dikalikan tiga yakni sekitar Rp 48,6 Miliar,” lanjut Sukada.

Pihaknya saat ini telah berusaha keras untuk mengoptimalkan PAD Tabanan, pasca tutupnya Hotel Pan Pacific NBR Tanah Lot. “Kami terus berusaha mencari terobosan, agar PAD bisa maksimal,” tandasnya.

Ditutupnya hotel Pan Pacific NBR Tanah Lot karena ada renovasi dari pihak MNC Group. Renovasi tersebut akan berlangsung selama tiga tahun. Seluruh karyawa hotel pun telah dirumahkan dan hotel resmi ditutup sejak Senin (31/07). (ram)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment