Divonis 9 Tahun Bule Rusia Ini Masih Pikir-pikir

Alexey Prusov (kanan) bnn/dok

Denpasar/BaliNewsNetwork-Bule Rusia, Alexey Prusov (28) yang menjadi terdakwa dalam kasus kepemilikan 106,02 gram sabu-sabu benar-benar bernasib mujur. Bagaimana tidak, hukuman 14 tahun penjara sebagaimana tuntutan jaksa, akhirnya diganti dengan hukuman 9 tahun penjara oleh majelis hakim PN Denpasar pimpinan Dr. Yanto.

Pada sidang, Selasa (1/8) Dr. Yanto yang tinggal menghitung hari saja tidak lagi menjabat sebagai KPN Denpasar itu, dalam amar putusnya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Edy Arta Wijaya. Yaitu menyatakan terdakwa terbukti bersalah secara tanpa hak atau melawan hukum mengimpor Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram.

Perbuatan terdakwa melanggar Pasal 113 ayat (2) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Namun majelis hakim tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang dituntut. Majelis memberikan potongan 5 tahun dari tuntutan JPU menjadi 9 tahun penjara.”Menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 9 tahun,”sebut Dr. Yanto dalam amar putusnya.

Selain menghukum penjara, majelis juga menghukum terdakwa untuk membayar denda Rp 2 milar.”Apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman penjara selama 4 bulan,”tegas Dr. Yanto. Atas putusan ini, baik kuasa hukum terdakwa, Pande Sugiarta dan Valerian Libert Wange serta jaksa sama-sama menyatakan pikir-pikir.

Terdakwa ditangkap usai mengambil paket yang dialamatkan di Kantor Post Sanset Road, Box 80361. Paket yang diketahui berisikan narkotika yang diduga sabu itu ditujukan kepada orang yang bernama Miche Kaiser.

Sebelum terjadi penangkapan, awalnya padal 5 Januari 2017 petugas Bea dan Cukai yang sedang melaksana tugas di Kantor Post melihat ada benda mencurigakan dalam paket kiriman yang dijukan kepada Miche Kaiser.

“Atas kecurigaan itu, kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap paket tersebut,”sebut Jaksa Eddy Arta. Kecurigaan petugas benar adanya, saat dibukan dalam paket tersebut terdapat plastik bening yang di dalamnya berisi kristal berwarna coklat yang diduga sabu seberat 106,62 gram netto.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment