Kawanan Spesialis Pencuri HP Warga Asing Diringkus Polisi

Para tersangka saat dirilis Ditreskrimus Polda Bali. BNN/SID

Denpasar/BaliNewsNetwork-Sekawanan pria spesialis pencuri handpone milik warga asing untuk dijual kembali secara online, dibekuk anggota Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Bali, Selasa (6/6) sekira pukul 16.00 Wita di salah satu restoran di kawasan Sesetan, Denpasar Selatan.

Kasubdit III Direskrimum Polda Bali AKBP Made Sinar Subawa mengungkapkan, pihaknya berhasil menangkap empat orang pencuri handpone milik warga asing  berkat penangkapan salah seorang  tersangka. Selain mencuri, keempat tersangka juga terbukti melakukan tindak pidana penipuan.

SPESIALISI PENCURUI HP BULE-1Empat orang tersebut masing-masing berinisial MH AM SN alias A GDT (17), SML HD alias LPK (41), RB SWT alias SN (38), dan MD BDN.

“Kami menangkap empat orang ini berdasarkan laporan-laporan yang ada di Polsek-polsek. Saking banyaknya warga yang melaporkan kehilangan handpone. Setiap tersangka memiliki perannya masing-masing,” ujarnya di Polda Bali, Denpasar, Senin (12/6).

Pengungkapan tersebut berawal dari penangkapan MD BDN. Tersangka ini mengaku mendapatkan handpone dari SN. Kemudian SN mengaku mendapatkan handpone dari SML HD alias LPK.

“Dari sana kami kembangkan lagi dan mendapati tersangka MH AM alias A GDT. Mereka menjual handphone hasil curiannya bukan ke counter tapi dijual secara online,” ujarnya.

Sebelum menjual, handpone hasil curian tersebut di-update, dan dibelikan kardus seolah-olah dibuat baru dan dijual secara online dengan harga baru.

“Seperti Iphone, mereka jual seharga Rp 8 juta. HP hasil curian ini disimpan di rumah salah satu tersangka ketika ada yang beli secara online dia akan transaksi disana,” terangnya, seraya menegaskan   saat ini barang bukti yang diamankan ada 50 buah handpone berbagai merek.

“Mereka telah melanggar Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya. (Sid)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment