Nelayan Sinar Hadigala Bebaskan Penyu Belimbing

Staf Dinas Kelautan dan Perikanan Flotim, WCS dan Pemdes Sinar Hadigala dan beberapa warga melepaskan penyu belimbing. BNN/Emnir

Larantuka/BaliNewsNetwork.com-Penyu Belimbing yang terjaring pukat milik Paulus Fernandes, salah seorang nelayan Desa Sinar Hadigala, Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur  pada Selasa (23/5) dini hari akhirnya dibebaskan ke laut setelah pihak Dinas Perikanan Flotim dan WCS memberikan sosialisasi tentang perlindungan jenis ikan tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Flotim  Ir. Erna da Silva yang dikonfirmasi melalui Kepala  Bidang Pengawasan Sumber Daya Perikanan dan Perijinan Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan, Apolinardus Yoseph Liat Demoor di ruang kerjanya, Rabu (23/5) membenarkan peristiwa pembebasan  seekor Dermochelys Coreacea  (nama ilmiah penyu) yang bertepatan dengan hari Penyu Sedunia itu.

Ihkwal kisah pembebasan penyu belimbing itu bermula dari aktivitas keseharian sebagai nelayan yang bernama  Paulus Fernandes (32). Bersama istrinya, Kolitidis Gunu Sogen, dan kedua anaknya pada Senin (23/5) malam menebar pukat jenis benang D6 dengan ukuran   mata 2. Pada Selasa  pukul 03.00 Wita, ketika menarik pukat tersebut mereka mendapatkan seekor penyu yang terlilit 4 kali oleh benang pukat itu.

“Mereka lalu melaporkan kepada Kepala Desa Sinar Hadigala dan Kades langsung meneruskan informasi itu kepada penyuluh perikanan kami. Ketika kami mendapatkan informasi tersebut, bersama teman-teman WCS, kami langsung bergerak ke lokasi penemuan. Ternyata penyu itu berjenis penyu Belimbing. Kami lalu menjelaskan kepada mereka bersama warga yang ada di lokasi itu bahwa bahwa penyu itu dilindungi oleh UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem,” urai Dus Demoor.

Setelah mendapat penjelasan tersebut, serta atas bantuan camat Tanjung Bunga, warga kemudian  melepaskan kembali penyu belimbing itu ke laut. (Emnir)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment