Modus Tuntun Sepeda Motor di Benoa, Badar Ditangkap

Badarudin alias Badar. Foto: bnn/sid.

Denpasar/BaliNewsNetwork-Curi sepeda motor, Badarudin alias Badar (35) asal Dompu, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditangkap petugas Polsek KP3 Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Bermula dari laporan korban Ida Maulana (23) bahwa saat itu korban tengah memarkirkan kendaraannya di depan Toko UD. Anisa, tempat kerja korban di Jalan Ikan Tuna II Pelabuhan Benoa pada, Jumat (19/5) sekira pukul 16. 00 Wita.

Kemudian pukul 22.00 Wita teman korban Florence Nono yang menengok ke tempat parkir tidak melihat motor korban, terekam Yamaha type Vega R dengan bernopol P 5558 ZT. Florence pun kemudian memberitahukan kepada korban bahwa sepeda motornya tidak ada di tempat parkir seperti biasanya.

Korban yang panik pun langsung menuju tempat parkir, naas ternyata sepeda motornya hilang dibawa kabur pelaku. Tidak terima sepeda motornya hilang, korban pun langsung melaporkan peristiwa ini ke Polsek KP3 Pelabuhan Benoa.

Kapolsek Benoa, Kompol I Nyoman Gatra membenarkan perihal laporan tersebut. Setelah menerima laporan tersebut, anggotanya melalui unit reskrim Polsek Benoa dipimpin Kanit Reskrim I Ketut Tunas langsung bergerak melakukan pengejaran.

“Kita berhasil menangkap korban berkat Integrated Benoa Harbour Communication (IBHRC) atau sistem komunikasi terpadu di Benoa,” tukasnya.

Modus pelaku dengan cara mendorong sepeda motor Suzuki Smash tanpa kunci kontak. “Dengan modus seperti itu dia berusaha keluar dari Pelabuhan Benoa,” ujarnya Senin (22/5) di Polsek Benoa.

Setelah diinterogasi,  pelaku mengakui motor yang didorongnya tersebut adalah motor milik temannya yang tinggal di tempat kejadian.

Selanjutnya tim Opsnal melakukan penyelidikan terhadap pemilik sepeda motor Suzuki Smash, diketahui keberadaanya di sekitar Jalan Raya Tuban dekat patung kuda.

Sekitar pukul 04. 00 Wita pelaku berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Benoa untuk diinterogasi.

Pelaku mengaku jika SPM Szuki Smash ZT yang ditinggal di TKP adalah miliknya.

“Pelaku mengakui semua perbuatannya antara lain mecuri sepeda motor Vega R milik korban dengan cara menggunakan kunci palsu. Dan motor tersebut disembunyikannya di tepat kosnya di Jalan Pidada Ubung Denpasar Barat. Dicarilah BBnya ke sana sehingga berhasil diamankan,” ujar Nyoman Gatra.

Pencurian model seperti ini kata Gatra, merupakan modus baru. Karena itu ia menghimbau kepada masyarakat khususnya di kawasan Pelabuhan Benoa agar berhati- hati.

Pelaku yang mempunyai dua orang anak ini, dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (sid)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment