Besok Penyineban Piodalan di Pura Pakendungan, Tanah Lot

Piodalan di Pura Luhur Pakendungan, Tanah Lot, Kediri, Tabanan. Foto: bnn/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork-Piodalan di Pura Luhur Pakendungan, Tanah Lot, Kediri, Tabanan  yang dimulai sejak Sabtu atau bertepatan dengan Hari Raya Kuningan (15/4) berlangsung hingga Selasa besok (18/4).

Sementara itu hingga Senin, (17/4) umat Hindu dari Tabanan dan beberapa daerah di Bali  memadati  kawasan Tanah Lot untuk melangsungkan persembahyangan di Pura Pakendungan. Selain Pura Pakendungan, beberapa pura di kawasan Tanah Lot seperti Pura Batu Mejan yang lokasinya di areal Enjung Galuh yang berdekatan dengan Pura Batu Bolong juga berlangsung piodalan, begitu juga  di Pura Patok yang lokasinya berdekatan dengan Pura Luhur Pakendungan.

Untuk mengantisipasi  kemacetan, Pecalang Desa Pekraman Beraban yang bekerja sama dengan divisi terkait di DTW Tanah Lot sudah berkordinasi sebelumnya. Sehingga untuk parkir pemedek diarahkan ke parkir umum di sebelah barat yang biasanya digunakan sebagai parkir bus, parkir pelaba Pura Luhur Pakendungan, dan lahan kosong tanah milik pribadi sebelah selatan parkir umum Daya Tarik Wisata Tanah Lot. Selain itu pihak manajemen juga mengantisipasinya dengan memasang rambu-rambu petunjuk khusus untuk pemedek. Piodalan di Pura Luhur Pakendungan akan berlangsung atau nyejer selama 3 hari berturut-turut yaitu sampai hari Selasa tanggal 18 April 2017.

Selain banyaknya jumlah pemedek yang nangkil ke Pura Luhur Pakendungan, dan Pura Batu Mejan, Daya Tarik Wisata Tanah Lot juga dipenuhi oleh pengunjung lain yang berasal dari luar Pulau Bali dan mancanegara. “Kami sudah mengantisipasi parkir kendaraan bagi umat Hindu yang mau bersembahyang ke Pura Luhur Pekendungan dan bagai wisatawan yang berkunjung ke Daya Tarik Wisata Tanah Lot,” jelas Manajer DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana.  Upaya antisipasi itu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman  bagi para pengunjung. (ram)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment