Polisi Gagalkan Ternak Tanpa Dokumen Tujuan Jeneponto

Kerbau yang diamankan polisi sebelum diberangkatkan ke Jeneponto, Sulawesi Selatan. bnn/yunusatabara

Maumere/baliNewsNetwork-Aparat kepolisian dari Polres Sikka berhasil menggagalkan puluhan ekor ternak seperti kerbau dan kuda tanpa dokumen dan persyaratan kesehatan hewan yang hendak diantarpulaukan  melalui Jembatan Tambatan Perahu (JTP) Ndete, Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda dan Kabupaten Sikka, pukul 10.00 wita, Senin (20/3/2017) menuju Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

‎Kasat Reskrim Polres Sikka AKP Andry Setiawan kepada awak media menyampaikan, setelah mendapat lapran warga abawa ada pengiriman ternak tanpa dokumen oleh ‎Haji Ramli menggunakan kapal motor melalui JTP Ndete dengan tujuan Jeneponto, Sulawesi, polisi langsung bergerak menuju JTP Ndete  dan berhasil menggagalkan penyeberangan ternak tanpa dokumen tersebut.

Kuda tanpa dokumen

Kuda tanpa dokumen

‎Kasat reskrim Andry Setiawan menyampaikan, sekitar pukul 16.30 Wita Senin (20/3/2017) Haji Ramli selaku terlapor meminta bantuan Yulius Edo bersama Herryanto Edison yang bekerja sebagai sopir untuk membawa hewan berupa sapi, kuda dan kerbau dari kampung Wairi’i menuju JTP Reroroja yang rencananya akan dikirim ke Jeneponto, Sulsel.

Namun pada saat pengambilan kedua, petugas polisi  yang mendapat info dari masyarakat yang melakukan pengecekan terhadap kedua mobil tersebut dan hasil pengecekan bhwa pengangkutan ternak tersebut tidak dilengkapi dokumen surat keterangan kesehatan hewan dari Dinas Peternakan Sikka dan surat izin pengeluaran hewan antarpulau dari karantina.

“Setelah kita menerima laporan kita cek kebenarannya di lokasi dan langsung diamankan pada saat dinaikkan di kapal pada pukul 10.00 Wita. Selain itu polisi langsung melakukan pemeriksaan terhadap para sopir yang mengangkut hewan tersebut, yakni sapi dan kerbau 16 ekor, kuda 3 ekor dan kita titipkan sementara di karantina hewan,” kata Kasat Reskim Polres Sikka AKP Andry Setiawan.

Andry Setiawan menambahkan,  saat ini polisi secara maraton masih melakukan pemeriksaan terhadap 4 orang sopir yang mengangkut ternak tersebut dari Wairi’i menuju JTP Ndete, Desa Reroroja. Sedangkan Haji Ramli selaku pemilik pengirim ternak tanpa dokumen tersebut belum dilakukan pemeriksaan oleh polisi. (yun)

Editor: Rahman Sabon Nama

 

 

 

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment