Pansus 2 dan Eksekutif Sepakat Ranpeda Perlindungan Nelayan dan Pembudidaya Ikan Diparipurnakan

Rapat Pansus 2 DPRD Tabanan dan pihak eksekutif. Foto: bnn/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork-Pansus 2 DPRD Tabanan dan pihak eksekutif yang membahas ranperda perlindungan dan pemberdayaaan nelayan dan pembudi daya ikan, sepakat dengan isi draf ranperda inisiatif dewan tersebut.

Hal itu terungkap dalam rapat kerja antara Pansus 2 dengan eksekutif yang digelar Selasa, (21/3). Rapat kerja dipimpin oleh Ketua Pansus 2 I Gusti Nyoman Omardani didampingi anggotanya I Nyoman Suadiana, I Wayan Widnyana, dan Ni Made Meliani. Sementara itu dari pihak eksekutif hadir asisten I Pemkab Tabanan I Wayan Yatnanadi, Kadis Perikanan Tabanan I Made Subagia, Ketua Perhimpunan DPC HSNI Tabanan, serta para pembudidaya ikan.

Omardani usai memimpin rapat kerja mengatakan pihaknya dan eksekutif secara garis besar sepakat dengan isi dan draf dari ranperda perlindungan nelayan dan pembudi daya ikan. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diselaraskan. Seperti pengaturan sarana dan parasana di dalam budi daya ikan. Terutama mengenai masalah pemanfaatan air irigasi. “Selama ini pembudidaya ikan adalah petani kita juga, sehingga perlu dikoordinasikan dengan pihak terkait seperti subak dalam hal penggunaan air, sehingga nantinya perda ini tidak kontradiktif,” jelasnya.

Politisi PDIP asal Belimbing Pupuan ini menambahkan ranperda ini sudah dikomunikasikan dengan pihak gubernur dan mendapatkan apresiasi positif karena Tabanan yang pertama menggagas ranperda terkait perlindungan nelayan dan pembudi daya ikan ini. “Mengenai redaksional mungkin nanti ada yang perlu diperbaiki lagi,” tandasnya. (ram)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment