Pemerintah Dorong Sektor Kelautan dan Perikanan – Kehadiran JTP Solusi Mengurangi RTM

Bupati Sikka Drs. Yoseph Ansar Rera dan rombongan saatmeresmikan Jembatan Tambatan Perahu di Ndete, Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka, Selasa (14/3/2017). bnn/yunusatabara

Maumere/Bali News NetworkPemerintah Kabupaten Sikka menjadikan sektor kelautan dan perikanan sebagai sektor unggulan. Oleh karena itu pemerintah akan terus mendorong sektor kelautan dan perikanan, dengan meningkatkan berbagai fasilitas pendukung dan sarana tangkap untuk para nelayan di seluruh wilayah Kabupaten Sikka

Kehadiran beberapa Jembatan Tambatan Perahu (JTP) diharapkan menjadi solusi bagi para nelayan untuk mengurangi jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) di Kabupaten Sikka. Nelayan yang dulunya kesulitan tempat tambat perahu saat musim tenggara dan musim barat, akan menjadi lebih aman dengan kehadiran JTP.

Hal itu dikatakan Bupati Sikka Drs Yoseph Ansar Rera kepada BNN Rabu (15/3/2017) terkait diresmikannya beberapa JTP di wilayah Kabupaten Sikka, seperti JTP Waipare di Desa Watumilok, Kecamatan Kangae; JTP Ndete di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda dan JTP Lebantour di Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur.

“Ada 9 jembatan tambatan perahu yang kita sudah bangun di Kabupaten Sikka. Dengan kehadiran JTP, Pemerintah berharap agar dapat mengurangi jumlah rumah tangga miskin. Selain itu sarana lain seperti perahu dan alat tangkap lainnya sampai dengan asuransi nelayan sudah dibagikan kepada nelayan,” kata Yoseph Andar Rera, Bupati Sikka.

Bupati Sikka menyampaikan ke-9 JTP di wilayah Kabupaten Sikka yang dibangun sejak tahun 2015 hingga tahun 2016, yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Hal itu agar mendorong sektor kelautan dan perikanan sebagai sector unggulan  dalam mendorong kesejahteraan nelayan dan rumah tangga miskin di Kabupaten Sikka.

Kepada pemerintah desa dan kepada seluruh nelayan Ansar meminta menjaga dan merawat fasilitas tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Hal itu dapat disiasati melalui dana desa  untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Rafael Raga, SP, saat peresmian JTP  Ndete di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda Selasa (14/3/2017) menegaskan, seluruh masyarakat dan nelayan bertanggungjawab untuk menjaga dan merawat seluruh fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah, termasuk kehadiran JTP di beberapa titik wialayh Kabupaten Sikka.

“DPRD berharap membangun fasilitas secara bertahap kita dapat mengurangi rumah tangga miskin. Artinya kita memberi fasilitas untuk dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan hidup orang banyak,” kata Rafael Raga.

Rafael Raga menambahkan, dalam rangka mendukung terwujudnya sektor–sektor prioritas  dalam pembangunan seperti sektor pertanian, kelautan dan perikanan, sektor pariwisata, adalah sebuah langkah nyata yang dilakukan oleh pemerintah dalam dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara utuh dan mandiri.

Menurut Rafael Raga, kehadiran sarana dan prasarana perhubungan khusus di bidang transportasi laut sebagai penghubung wilayah kepulauan dan daerah-daerah pesisir ke pusat pemerintah dan pusat ekonomi.

Dengan adanya pembangunan tambatan perahu maka akan membantu percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah kepulauan dan pesisir yang masih tertinggal, baik di bidang ekonomi maupun insfrastruktur.

Secara terpisah, perwakilan nelayan Rudolfus Paskalis Andika mengatakan, di Desa Reroroja, Kecamatan Magepanda jumlah nelayan sebanyak 113 kepala keluarga. Dari 113 kepala keluarga, ada yangmenjadi nelayan tangkap, nelayan pancing, pengepul dan penjual, semua menggantungkan hidup mereka di laut. Jumlah kelong ada 54 unit, yang beroperasi diantaranya hanya 3 unit kelong saja milik nelayan di wilayah itu selebihnya dari luar.

“Kalau dulu-dulunya kami harus seret perahu ke darat saat terjadi gelombang pasang dan angin kencang. Kendati demikian setiap musim barat banyak perahu yang rusak bahkan pecah. Kami berterimakasih atas kehadiran tambatan perahu di Ndete,” kata Dolfus. (yun)

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment