Modus Kerja Sama, Warga Oeba Tertipu Puluhan Juta

Pelaku penipuan dan penggelapan. Foto: bnn/amar ola keda.

Kupang/BaliNewsNetwork- Muhamad Rofik (29) warga Jalan Beringin Rt 013, Rw 004, Kelurahan Oeba, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Muhamad tertipu oleh Hadi Utomo Alias Tomo (40) Suku Jawa yang menetap di Rt 004, Rw 002, Kelurahan Metina, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao dengan modus kerja sama.

Merasa tertipu, Muhamad akhirnya melaporkan pelaku ke Polsek Kelapa Lima. Pelaku akhirnya berhasil diciduk aparat kepolisian guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kasus itu berawal dari pelaku mendatangi rumah korban kemudian meminta untuk bekerja sama usaha besi tua di Kabupaten Rote.

Dengan modal kepercayaan, Muhamad kemudian mentransfer uang sebesar Rp 10 juta pada tanggal 28 September 2016 kepada pelaku melalui rekening bank.

Setelah uang itu dikirim, ternyata hingga tahun 2017, barang-barang bekas yang dijanjikan pelaku tidak pernah dikirim.

“Pelaku saat itu berjanji akan bekerja sama dengan saya dan mengumpulkan barang bekas (besi tua) di Kabupaten Rote Ndao dan saya yang memberikan modal. Tetapi sampai tahun 2017 dia (pelaku-red) tidak pernah kirim barang. Saya mencoba komunikasikan tetapi malah saya diancam balik,” ujar Muhamad kepada wartawan, Jumad (3/3).

Kapolsek Kelapa Lima, AKP Basith Alagri membenarkan hal itu. Menurut Basith, kasus dugaan penipuan dan penggelapan itu dilaporkan korban sesuai dengan Laporan Polisi Nomor : LP/B/305/XI/2016,  Tanggal 17 November 2016.

Setelah mendapat laporan, anggota Polsek Kelapa Lima langsung menuju alamat pelaku dan membawanya ke Polsek guna dimintai keterangan.

“Saat ini pelaku sudah ditahan sambil menunggu pemeriksaan lanjutan,” kata Basith. (amar ola keda)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment