Ketua Komisi II DPR RI Imbau Penyelengara Pilkada di NTT Jaga Netralitas

Foto: balinewsnetwork/amar ola keda.

Kupang/BaliNewsNetwork- Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamaru Zaman mengimbau penyelenggara Pemilihan Umum Kepala Daerah di tiga kabupaten/kota di NTT untuk selalu menjaga netralitas.

“Saya minta penyelenggara harus netral dan tidak boleh memihak salah satu paslon. Kita menginginkan Pemilukada dilaksanakan atas asas jujur dan adil dan mampu menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” tegas Rambe saat berdialog bersama Pemerintah Kota Kupang di ruang rapat utama Kantor Walikota Kupang, Senin (6/2).

Dia juga meminta ASN harus menjaga netralitas saat Pemilukada. Menurutnya, keterlibatan ASN dalam Pemilukada telah dilarang sesuai Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Dia juga mengatakan, akan mempertimbangkan keterlibatan ASN dalam pemilukada dan harus terakomodir dalam undang-undang. Pasalnya, setiap ASN memiliki hak politik.

“Hal yang mungkin dipertimbangkan adalah dengan mengakomodir keterlibatan ASN yakni dengan memberikan kesempatan kepada ASN untuk mengikuti kampanye untuk mengetahui visi-misi dan program yang akan dilakukan oleh pasangan calon,” ujar Rambe.

“ASN menjadi bahan diskusi kami. Berhak pilih tetapi tidak boleh mendengarkan kampanye. Ini kan aneh. Kita akan pertimbangkan,” kata Rambe.

Anggota Komisi II DPR RI, Hendri Yosodiningrat mengatakan, penyelenggara Pemilukada baik itu KPU maupun Panwaslu harus menjaga integritas dan netralitas.

Netralitas perlu dijaga agar meminimalisir konflik yang terjadi saat pemilukada dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar lahir dari nilai-nilai demokrasi.

Pantauan wartawan, setelah berdialog, rombongan Komisi II DPR RI dipimpin Ketua, Rambe Kamaru Zaman mendatangi kantor KPU Kota Kupang dan mengunjungi lokasi pengepakan logistik surat suara di Hotel Ina Boi Kupang.

Pilkada serentak di NTT akan dilaksanakan di tiga kabupaten yakni, Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Lembata. (amar ola keda)

Editor: Ni Ketut Budiantari

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment