Babin dan Babinsa Solor Barat  Latih Pasukan Linmas

Suasana latihan pasukan Linmas di Pantai Riangsunge, Ritaebang, Solor Barat. Foto:bnn/eman niron

Solor/BaliNewsNetwork-Babinkamtibmas Pospol Solor Barat, Bripka Agustinus Gleda NR dan Babinsa Pos Ramil Solor Barat Serda Melkianus Monega melatih anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di wilayah Kecamatan Solor Barat, Flores Timur untuk meningkatkan kesigapan anggota Linmas dalam hajatan Pilkada Flores Timur  pada 15 Pebruari 2017.

Selain menanamkan tugas pokok  Linmas pada anggota Linmas Desa Lamaole dan Desa Daniwato, Bripka Agust dan Serda Melky pun membekali dengan berbagai materi bela negara, pertaruan baris berbaris serta keterampilan dasar bela diri.

Latihan pasukan Linmas di Pantai Riangsenge, Ritaebang

Latihan pasukan Linmas di Pantai Riangsenge, Ritaebang. Foto: bnn/eman niron

Dikonfirmasi di sela-sela latihan yang terpusat di pantai Riangsunge, Kelurahan Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Selasa (3/1) Bripka Agus dan Serda Melky menjelaskan kegiatan tersebut merupakan upaya memaksimalkan peran Linmas di desa untuk bersama menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di desa.

“Kami dengan senang hati melatih  mereka. Atas kerjasama dengan kedua pemerintah desa, masing-masing desa Lamaole dan Daniwato, kami pun memaksimalkan peranan Linmas kedua desa itu dengan memaksimalkan kesadaran mereka terhadap peran Linmas itu sendiri ,kesigapan Linmas yang ditunjukkan dari ketahan fisik melalui latihan peraturan baris berbaris serta mengajarkan mereka dasar-dasar ilmu bela diri. Dalam waktu dekat, di kabupaten ini akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang prosesnya sedang berjalan. Kita butuh kesigapan Linmas di setiap desa yang bisa membantu menciptakan iklim keamanan dan ketertiban,” Jelas Bripka Agus dan Serda Melky.

Baik Lamaole dan Daniwato menurunkan  masing-masing 4 orang anggota Linmasnya. Semua mereka dengan semangat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut yang terbagi dalam  tiga tahap, yakni pemberian materi, latihan PBB dan latihan dasar ilmu bela diri.

Latihan Linmas di Pantai Riangsunge, Ritaebang, Solor Barat

Latihan Linmas di Pantai Riangsunge, Ritaebang, Solor Barat. Foto: bnn/eman niron

Yanto Keban, anggota Linmas Desa Lamaole dan Mateus Bernad Jawan, anggota Linmas Desa Daniwato ketika dikonfirmasi tentang pelatihan yang mereka geluti mengakui betapa bermanfaatnya kegiatan itu. Selain menambah wawasan, segala ilmu yang mereka dapatkan  mereka terapkan dalam menjalankan tugas mereka di desa.

“Kami baru mengalami sebuah situasi seperti ini. Selama ini kami hanya dibentuk, tanpa ada pembekalan seperti ini. Luar biasa kekompakan Pak Kapospol  (babinkamtibmas) Solor Barat dan  Pak Babinsa ini,” ucap Yanto dan Bernad Jawan di acara penutupan latihan tersebut. (Emnir)

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment