Peduli Bencana, Bupati Eka Pimpin Kerja Bakti di Pura Teratai Bang, Bedugul

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat melaksanakan kerja bakti di kawasan Pura Teratai Bang, Tabanan. Foto: balinewsnetwork/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork—Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengajak seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan beserta beberapa staf masing-masing, melaksanakan kerja bakti di kawasan Pura Teratai Bang, Desa Candi Kuning, Kecamatan  Baturiti, Tabanan  Selasa (27/11) pagi.

Kerja bakti dilakukan sehubungan dengan bencana yang menimpa Pelataran Pura Teratai Bang, akibat longsor dan bencana air bah. Serta wujud kepedulian Pemkab Tabanan terhadap bencana yang dialami masyarakat.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita, karena akhir-akhir ini bencana sedang melanda Tabanan. Jadi saya mau melihat secara langsung khususnya di Pura Teratai Bang. Karena yang fatal adalah di sini dan kita juga sudah mengambil tindakan skala prioritas,” tegas Bupati Eka.

Kata Bupati Eka, inormasi yang didengar menyebutkan bahwa pihak provinsi juga akan mengucurkan bantuan untuk Pura Teratai Bang namun cair di Tahun Anggaran 2017.

“Kalau menunggu bantuan dari pihak provinsi, itu akan membutuhkan proses. Jadi sekarang yang paling penting adalah senderan dan aliran air yang ada di atas pura agar bisa menahan longsor jikalau nanti terjadi hal serupa. Maka usaha itu yang akan coba kondisikan saat ini, sehingga bisa kita pecah dan tidak langsung lagi menghantam pelataran pura,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa sebagai manusia tidak bisa memperkirakan ataupun menahan kehendak alam. Sebelum ini semua terjadi kembali mengingat tempat ini sangat rawan longsor. Maka proteksi harus segera dilakukan, setelah itu baru memikirkan untuk pembangunan fisik kedepannya.

“Ini merupakan kuasa alam, jadi kita harus tetap belajar dari segala bentuk tanda alam. Ini merupakan tanda sehingga kita yang di sini harusnya berfikir bahwa kekuatan Beliau sangatlah besar dan apapun bisa terjadi,” jelasnya.

“Untuk itu mari kita jaga alam ini jangan pernah merusak alam hingga membuat alam marah. Dan bencana ini tetap harus dijadikan pembelajaran buat kita untuk bisa menjaga aset dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kedepannya tidak terjadi lagi bencana-bencana lain yang serupa,” harapnya.

Setelah melakukan kunjungan di Pura Teratai Bang, Bupati Eka melanjutkan perjalanan menuju lokasi terkena bencana lainnya, yaitu di Toya Mampeh dan Area DTW Bedugul. (ram)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment