Pura Teratai Bang di Bukit Catu Candi Kuning Bedugul Diterjang Tanah Longsor

Kondisi Pura Teratai Bang yang tertimpa tanah longsor. Foto: balinewsnetwork/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork— Pura Teratai Bang yang ada di Bukit Catu, Kebun Raya Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan tertimpa tanah longsor. Akibatnya sebagain besar bagunan yang ada di Pura Teratai Bang hancur dan kerugian yang diderita mencapai Rp 5 Milyar.

Longsor yang terjadi sekitar pukul 19.00 Wita, Rabu malam (21/12) tersebut diduga karena hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Baturiti dan sekitarnya. Beberapa titik terjadi longsor di wilayah kecamatan Baturiti, seperti jalan yang menghubungkan Denpasar – Singaraja di Desa Candikuning II tertimbun tanah longsor setinggi 10 meter yang mengakibatkan jalur tersebut macet total. Titik tanah longsor juga menerjang Pura Teratai Bang yang ada di kawasan Kebun Raya Bedugul. Sejumlah bangunan mengalami kerusakan, seperti taman beji, padma sari, gedung bata 1, bale pemiosan, bale pesandekan, bale upakara, patung wisnu, tempat penglukatan. Sedangkan di bagian bangunan siwa lingsir juga mengalami kerusakan diantaraya 2 buah patung betara bayu dan tembok penyengker. Sementara itu di bagian natar sejumlah bangunan yang rusak bale niskala, pondasi padmasana, bale pesandekan, tembok penyengker, bale pemiosan. Di bagian madya mandala beberapa bangunan juga mengalami kerusakan akibat terkena longsoran tanah, diantaranya bangunan bale kulkul, tembok penyengker, 2 buah pelinggih apit lawing, bale lantang, 2 bangunan bale gong, pelinggih pengubengan, dua buah bale punia, bale pewaregan. Di nista mandala, bale pebatan mengalami kerusakan begitu juga dengan areal parkir.

Sementara itu bencana karena keganasan alam juga terjadi di Banjar Penatahan Kaja, Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Tabanan. Merajan milik I Wayan Subiakta, hancur diterjang angina kencang, Selasa malam (21/12).

Saat itu sekitar pukul 18.30 Wita hujan deras disertai angin kencang didengar oleh warga sekitar, tak lama berselang terdengar suara riuh dari arah merajan milik korban. Setelah dicek ternyata bale gong yang ada di Merajan Tangkas Kori Agung milik korban sudah dalam keadaan rubuh. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian mencapai Rp 40 Juta. (ram)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment