Pohon Tumbang Timpa Pura Dalem Adat Selemadeg

Pohon tumbang yang menimpa bale piasan warga. Foto: balinewsnetwork/ram.

Tabanan/BaliNewsNetwork— Pura Dalem, Desa Adat Selemadeg di Banjar Selemadeg Kelod, Desa Selemdeg, Kecamatan Selemadeg, Tabanan tertimpa pohon tumbang, Senin malam (19/12). Tumbangnya ranting pohon yang mengenai bangunan piasan Pura Dalem, karena derasnya hujan dan angin kencang sekitar pukul 19.20 Wita.

Kasubaghumas Polres Tabanan, AKP I Putu Oka Suyasa seizin Kapolres Tabanan, AKBP Marsdianto membenarkan peristiwa tersebut, Selasa (20/12). Dikatakanya, hujan deras dan angin kecang yang mengguyur wilayah Tabanan Senin malam mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Akibatnya ranting pohon yang berada di dekat Pura Dalem, Desa Adat Selemadeg tumbang menimpa bangunan bale piasan. Atap gentengnya rusak parah dan beberapa bagian kayunya ada yang patah. Anggota Polsek Selemadeg bersama warga setempat kemudian melakukan pembersihan dari kepingan genteng yang pecah dan kayu yang patah.

“Kerugian material yang diakibatkan pohon tumbang itu mencapai Rp 5 juta. Dan biaya yang dibutuhkan untuk prosesi upacara mencapai puluhan juta rupiah,” Jelasnya. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon besar yang berdekatan dengan pura, agar diremajakan. (ram)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment