Dewa Ruci Gelar Openship  di Lewoleba

KRI Dewa Ruci saat lego jangakar di Pelabuhan Lewoleba. bnn/sandro

Lembata/BaliNewsNetwork-Kapal Legendaris Angkatan Laut RI kebanggaan Nusantara, KRI Dewa Ruci tiba di perairan Teluk Lewoleba, Rabu, 7 Desember 2016, malam sekitar pukul 21.45 Wita.

Kedatangan KRI tiang tinggi bergaya phinisi ini menjadi tontonan menarik warga Kota Lewoleba. Sayangnya, para cadet Dewa Ruci atau taruan angkatan laut tidak melakukan seremoni drum band dan sambil berdiri di atas tiga tiang membentuk formasi karena waktu sandar malam hari.

KRI Dewa Ruci Berlabuh di Teluk Lewoleba Selama Harnus

Komandan Pos Angkatan Laut Lembata, Fransisco BJ, kepada media ini, Rabu (07/12 /2016) menjelaskan, warga Lembata mesti bangga bahwa daerah ini dikunjungi KRI Dewa Ruci, sang legendaris.

Saking melegenda dan menjadi simbol kekuatan TNI Angkatan Laut, beberapa jam sebelum KRI buatan Jerman tahun 1932 ini tiba di Perairan Teluk Lewoleba, KRI Terapang yang sejak siang sedang labuh di Pelabuhan Lewoleba harus bergeser ke tengah laut dan memberikan penghormatan militer kepada Dewa Ruci.

Karena menjadi kebanggan Indonesia dan simbol kenusantaraan, Dewa Ruci menjadi sangat istimewa.

“Ini kesempatan langkah dan menjadi istimewa, Sang Legenda bisa datang ke Lembata. Untuk itu menurut rencana Dewa Ruci menggelar openship beberapa hari,” ungkap Fransisco.

Menurut Fransisco openship ini Dewa Ruci memberikan kesempatan kepada warga Lembata termasum tamu dan undangan Harnus bisa masuk dan berkunjung ke dalam kapal Dewa Ruci.

“Syaratnya, tunjukan identitas diri yang resmi berupa KTP atau SIM dan tanda identitas resmi lainnya,”, tutur Fransisco.

Selain KRI Dewa Ruci, kapal perang lainnya yang sudah masuk di perairan Teluk Lewoleba adalah KRI Terapang, KRI (tangker) Arun, dan KRI Makasar.

Rencananya ada sekitar 12 KRI yang akan berlabuh di Teluk Lewoleba selama Harnus dan melakukan parade KRI bersama kapal tradisional tanggal 12 Desember 2016, selanjutnya melakukan gelar parade Angkatan Laut pada puncak perayaan Harnus 13 Desember 2016 di Teluk Lewoleba bersama kapal tradisional.(sandrowangak)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment