Wacana UN Dihapus 2017, Tabanan Siap Gelar UN Sendiri

Ilustrasi ujian nasional. Foto: balinewsnetwork/ist.

Tabanan/BaliNewsNetwork— Wacana Ujian Nasional (UN) akan dihapus tahun 2017 mendatang mendapatkan tanggapan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Tabanan. Apabila nanti ada keputusan resmi terkait hal itu, maka Disdikmudpora Tabanan menyatakan siap menggelar UN sendiri.

“Kalau memang UN diserahkan ke daerah kita siap saja, tentu kami harus berkordinasi dulu kepimpinan jika seandainya jadi UN dihapus,” jelas I Putu Santika Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga pada Senin (28/11).

Pun belum ada perjanjian hitam diatas putih mengenai hal tersebut. Apabila nanti benar maka UN SMP dan SD nanti akan menjadi Ujian Sekolah bukan lagi Ujian Nasional. Mengenai anggaran, Ia meyakini  pasti akan dianggarkan oleh pemerintah apalagi masalah pendidikan. Begitu juga dengan soal-soal ujian, dirinya menyatakan tidak menjadi masalah karena di Tabanan sudah ada MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Yang secara otomatis akan membuat kisi-kisi soal yang diberikan sesuai dengan kondisi mata pelajaran yanh diterapkaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Dr Muhadjir Effendy putuskan untuk menghapus UN bagi siswa SD, SMP, SMA/SMK yang salah satunya alasanya UN selama ini menjadi momok yang membuat para siswa setres. Keputusan menghapus UN ini sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung tujuh tahun silam. Bahwa keputusan ini pun menurutnya tinggal menunggu Presiden Joko Widodo. (ram)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment