Kapal Umsini jadi Hotel Apung Saat Harnus

Rapat persiapan Harnus. Foto: balinewsnetwork/sandrowangak.

Lembata/BaliNewsNetwork— Menjelang Hari Nusantara yang akan diselenggarakan 13 Desember 2016 mendatang, pemerintah Lembata sedang mempersiapkan infrastruktur dan akomodasi.

Sayangnya, segala persiapan ini terkendala pada akomodasi penginapan yang akan menampung ribuan undangan dan peserta Harnus. Hal ini diakibatkan Hotel dan Penginapan yang ada di Lewoleba tidak akan mampu menampung ribuan peserta tersebut.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Panitia Lokal Hari Nusantara bersama Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, di Lewoleba, 16 November 2016.

Penjabat Bupati Lembata, Piter Sinun Manuk, dalam paparannya mengungkapkan panitia lokal mengalami kendala soal akomodasi dan transportasi saat perayaan hari nusantara di Lembata. Hotel dan penginapan di Lembat tidak mampu menampung sekitar 5.000-an tamu dan undangan yang hadir.

Untuk mengatasi kendala ini, kata Manuk, panitia lokal berkat bantuan dari Bapak Gubernur NTT menyiapkan Kapal Pelni Umsini, untuk dijadikan sebagai hotel terapung saat Harnus.

Menurut Manuk, kapal Umsini yang disiapkan ini akan menampung sekitar 2.000 orang dan ditambah dengan rumah warga sebanyak 1.500 kamar, bisa mengatasi kesulitan

Sementara itu Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, mengungkapkan dirinya optimis Harnus di Lembata pasti berhasil.

Untuk itu, Lebu Raya meminta semua pejabat dan panitia lokal di Lembata bekerja maksimal. Bagi Lebu Raya, persiapan rumah penduduk sebagai tempat tinggal para tamu adalah hal baik dan menarik.

Sebagai orang Lamaholot, menerima tamu adalah budaya. Nah, karena budaya maka tunjukan sebagai orang Lamaholot yang baik.

“Bangun pagi siapkan makanan ala kadarnya. Suguhkan kepada tamu dengan senyum. Sapahkah dengan ramah. Yang terpenting adalah perhatikan MCK,” ungkap Lebu Raya.

Lebu Raya menjelaskan dirinya ketika memutuskan Lembata sebagai lokasi Puncak Perayaan Harnus, Maret 2015 berharap ada aksi untuk persiapan Harnus. Sayangnya, kegiatan pra harnus tidak dilakukan optimal.

Hanya saja, Gubernur minta agar tidak boleh pesimis. Semua paniti lokal bekerja untuk sukseskan Harnus. (sandrowangak)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment