Ketua DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa berang saat melakukan Sidak ke lokasi hutan bakau yang dirug. bnn/don.

Jembrana/BaliNewsNetwork-Geram dengan upaya reklamasi yang dilakukan pihak tertentu terhadap hutan bakau di sebelah barat Kantor Seacorm, DPRD Jembrana memanggil pihak terkait, Senin (10/10/2016). Dewan memerintahkan pihak terkait segera mengembalikan kondisi hutan bakau yang sudah diurug ke kondisi semula.

Perintah ini disampaikan dalam rapat koordinasi yang menghadirkan Kadis Kelautan, Perikanan dan Kehutanan, Made Dwi Maharimbawa. Dewan juga mengundang Camat Jembrana, Gusti Ngurah Sumber Wijaya, Kepala Balai Seacorm dan Kepala Desa Budeng.

“Kami minta hutan bakau yang sudah dibabat dan diurug jadi jalan, segera dibongkar. Kembalikan kawasan itu menjadi hutan bakau kembali,” tegas Ketua DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa didampingi Ketua Komisi C, Ida Bagus Susrama, siang tadi.

Namun jika masyarakat khususnya para pengempon Pura Pulau Kembar yang terletak di dalam hutan bakau ini membutuhkan jalan, segera ajukan permohonan ke Pemkab Jembrana dan Seacorm. DPRD Jembrana, lanjut Susrama, akan memfaslitasi permohonan tersebut.

“Kalau pengempon Pura membutuhkan jalan, tidak perlu mengurug hutan bakau. Cukup membangun titian atau jalan dari kayu. Ini jauh lebih baik karena tidak merusak hutan bakau,” katanya.

Kalau ini yang dilakukan, kawasan tersebut bisa menjadi lokasi wisata alam. Hutan bakau ini perlu dilestarikan karena menjadi sumber penghasilan warga lantaran sebagai habitat kepiting bakau.

Sebelumnya hutan bakau dibabat dan diurug atas izin Pemerintah Desa Budeng. Semula izin ini diberikan untuk membangun jalan menuju Pura Pulau Kembar. Namun belakangan izin ini dimanfaatkan para pemilik tambak dan tanah di sekitar Pura itu untuk membangun jalan permanen demi kepentingan bisnis.

Bahkan ada pihak tertentu yang sudah membangun rumah makan di sekitar lokasi pura. Hal ini mengundang kemarahan Ketua DPRD Jembrana saat melakukan Sidak ke lokasi itu beberapa hari lalu. (don)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment