Pertanyaan.

Saya lulusan SMAN 3 Kupang, juru­san IPS. Kalau saya mau melanjutkan ke STIKOM Bali, kira-kira jurusan apa yang cocok buat saya. Lalu kalau tamat kuli­ah, lapangan kerja apa saja yang cocok dengan jurusan yang saya pilih. Kata seorang keluarga saya yang alumni STI­KOM Bali, jurusan Sistem Informasi lebih banyak peluang kerjannya. Apa benar begitu?

Mohon penjelasannya. Terima kasih.

Gandhi, Penfui, Kupang, NTT.

Jawaban.

Adik Gandhi di Kupang

STMIK STIKOM Bali atau dikenal den­gan sebutan STIKOM Bali memiliki tiga program studi (jurusan). Untuk S-1 pro­gram studi (prodi) ada dua, yakni prodi Sistem Komputer (SK), dan prodi Sistem Informasi (SI). Sedang satu lagi adalah Diploma-3 prodi Manajemen Informati­ka (MI).

Karena Gandhi di SMA jurusan IPS dan berniat masuk STIKOM Bali, kami sarankan mengambil prodi Sistem In­formasi. Walapun lulusan SMA IPS bisa masuk ke prodi SK, tapi kami sarankan Gandhi ambil prodi SI saja, Masalahnya, prodi SK memang agak berat dan cocok untuk lulusan SMA IPA atau SMK TI.

SI memiliki tiga konsentrasi keilmuan. Pertama, Konsentrasi Information Sys­tem Developer, yakni mencetak lulusan yang ahli dalam merancang, membuat, dan mengembangkan sistem informa­si dan database yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan di masyarakat dan industri. Kedua, Konsentrasi Mul­timedia Developer mencetak lulusan yang ahli di bidang konsep dan aplikasi multimedia seperti desain grafis, anima­si 2D dan 3D, audio dan video editing, game developer, aplikasi 3D di berbagai platform dan berbagai aplikasi multime­dia lainnya. Ketiga, Konsentrasi Business Intelegence mencetak lulusan yang ahli dalam membuat sebuah system dengan kecerdasan komputer yang di­gunakan untuk mendukung bisnis. Pe­luang kerja ketiga konsetrasi tersebut meliputi system analyst, system engi­neer/designer, geographical information system developer, multimedia designer, multimedia implementator, animator 2D or 3D designer, game developer, graphic designer.

SK memiliki dua konsentrasi. Perta­ma, Konsentrasi Computer and Network Security. Mencetak lulusan yang ahli di bidang jaringan komputer, seperti keamanan jaringan komputer, com­puter hacking dan computer forensic. Juga ahli dalam merancang, mem­buat, dan mengembangakan sistem aplikasi yang berbasis jaringan kom­puter. Kedua, mencetak lulusan yang ahli di bidang pembuatan robot den­gan menggunakan berbagai sensor, mikrokontroler dan alat lainnya. Juga mencetak lulusan yang ahli dalam membuat dan mengembangkan ap­likasi game dalam berbagai platform.

Peluang kerja meliputi system en­gineering designer, software program­mer, software developer, network ad­ministrator, network designer, network analyst, game developer.

MI mencetak lulusan yang ahli di bidang pemrograman komputer, jarin­gan komputer, dan multimedia. Peluang kerjanya meliputi system engineer, soft­ware programmer, web designer, web programmer, database engineer, data­base administrator.

Sebenarnya prodi SK, SI, dan MI mem­punyai peluang kerja yang sangat ban­yak. Sebab, dewasa ini hampir semua segi kehidupan manusia membutuhkan komputer. Dunia ICT sudah menjadi ke­butuhan masyarakat sehingga peluang kerja atau lapangan kerja sangat banyak tersedia, baik di pemerintahan, semua sektor swasta atau lembaga apapun. Tetapi dengan berbekal ilmu pengeta­huan yang Anda milki setelah tamat dari STIKOM Bali, Anda bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

Demikian penjelasan dari kami, terima kasih.

Humas STIKOM Bali