Dongkrak PAD, Pemkab Flotim Luncurkan GEMPAR Flotim

Dari Kiri ke Kanan : Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, Asisten I,Abdul Razak Jakra, Kepala Bependa, Ir Tulit Beni. Foto : BNN / Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com- Pemerintah Kabupaten Flores terus berkreasi untuk mengejar ketertinggalan capaian target Penerimaan Asli Daerah (PAD) pada tahun sebelumnya. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Flotim lantas meluncurkan sebuah produk inovasi bernama GEMPAR Flores Timur.

Dalam laporannya di acara Launching GEMPAR Flotim dan Launcing Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan  (PBB-P2) Online yang terpadukan dalam kegiatan Pencanangan Pekan Panutan Pajak Daerah Tahun 2021 bertempat di aula Setda Flotim, Kamis (10/6), Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Flotim, Ir.Tulit Beni mengungkapkan, GEMPAR Flotim adalah Gerakan Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Flores Timur.

Gempar Flotim merupakan sebuah upaya optimalisasi potensi-potensi  pendapatan di daerah,termasuk dari sektor pajak dan retribusi dengan melibatkan partisipasi aktif seluruh warga Flotim.

Salah satu sektor pendapatan daerah  yang perdana dirapihkan serta digairahkan pihaknya adalah kepatuhan  pelunasan atau pembayaran PBB-P2.

“Setelah PBB-P2 yang sistem pembayarannya telah kami kemas secara online ini, akan disusul dengan sumber-sumber pendapatan yang lainnya.” kata Tulit Beni.

Sembari menghadirkan kenyataan evalusi terhadap tingkat pencapaian PAD Tahun 2020 (5,71 %) yang masih sangat rendah dalam perbandingan dengan total APBD  serta penilaian terhadap Peta Kapasitas Fiskal Daerah yang terkategori sangat rendah dengan  skors 0.423, Tulit Beni  pun berharap kepada para pimpinan OPD dan para Camat agar bersamaan dengan pencanangan Pekan Panutan Pajak Daerah Tingkat Kabupaten Flotim tersebut, Gempar Flotim menjadi kesatuan implementasi gerakan yang melibatkan partisipasi seluruh masyakat Flotim untuk meningkatkan PAD menuju Masyarakat Sejahtera Dalam Bingkai Desa Membangun Kota Menata.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com,Kaban Bapenda Flotim tersebut menjadi orang pertama di Kabupaten Flotim yang melakukan transaksi pelunasan PBB-P2 Tahun 2021 secara online.*(Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment