Vaksinasi Covid-19  Di PKM Ritaebang,Terbagi Dua Gelombang

Kepala Puskesmas Ritaebang, Solor Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT, Darius Sabon Ama. Foto : BNN/Emnir/Doc.

Solor/BaliNewsNetwork.com– Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) tahap pertama di wilayah kerja Puskesmas Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT, terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama diperuntukkan bagi 28 nakes PKM,  dan gelombang kedua disasarkan bagi ke-37 nakes Pustu dan Polindes atau Poskesdes.

Kepala Puskesmas Ritaebang,Darius Sabon Ama yang dikonfirmasi di sela-sela kegiatan tersebut, Minggu, (7/2) membenarkan pelaksanaan vaksinasi yang terbagi dalam dua gelombang tersebut.

“Kami lanjut lagi hari ini, untuk nakes yang bertugas di desa. Kemarin, diperuntukkan bagi ke- 28 nakes yang bertugas di PKM Ritaebang. Dan untuk pelaksanaan kemarin, dari ke-28 nakes yang diskrining, 25 diantaranya berhasil mendapat suntikan vaksin Covid-19 jenis Senovac, termasuk saya.  Satu (1) diantaranya mendapat rekomendasi dari petugas skrining di tunda, dan dua (2) lainnya mendapat rekomendasi tidak diberikan vaksin karena sedang dalam keadaan klinis batuk, pilek, dan hipertensi.”urai Darius Sabon Ama.

Lanjut Darius, ke-25 mereka yang berhasil mendapat suntikan vaksin Covid-19 tahap pertama itu, akan kembali menjalani vaksinasi tahap kedua di tanggal 20 Pebruari 2021 mendatang.

Aktivitas pemberian vaksin lingkup Puskesmas Ritaebang tersebut berjalan dengan tetap mengikuti prokes penanggulangan Covid-19.

Menempati urutan pertama dari kelompok antrian mereka,Kepala Puskesmas Ritaebang tersebut lalu meninggalkan areal antrian menuju Meja yang ditempati Yohanes Kene Hayon dan Patrisia Yunita Koten. Proses registrasi dan verifikasi terhadapnya pun berjalan mulus.

Dirinya lalu mengayunkan langkahnya menuju Meja Skrining. Adriana Edy langsung menyambutnya dengan melakukan pengukuran suhu tubuh, dan berlanjut dengan kecekatan Fabiana Lidwina Witin memasang peralatan tensi dan melakukan layanan tensi.

Proses di Meja Skrining itu pun berlalu pada tahapan pemeriksaan lanjutan oleh Agustina Yulianti T.Riwu dan Katharina Oktaviana Maga.Berdasarkan temuan yang terekam dalam seluruh tahapan skiring tersebut, Katharina Oktaviana Maga lantas memberikan rekomendasikan kepada pimpinannya itu, untuk melangkah ke Meja Vaksinasi. Darius Sabon Ama pun diumumkan Layak mendapat vaksinasi Covid-19.

Meninggalkan pelayanan Skrining dengan ekspresi gembira yang senantiasa terpancar di raut wajahnya, dan teriring gemuruh tepukan tangan warga PKM Ritaebang atas rekomendasi tersebut, Darius lantas menuju Meja Vaksinasi yang ditempati dokter Radian Rendra Tukan (vaksinator),Marianus Menue Keyn, Ramadiana Yusuf, Gaudensia Moron,dan Maryani.

Di Meja pelayanan vaksinasi itulah, Darius Sabon Ama menjadi nakes pertama di Kecamatan Solor Barat yang disuntik vaksin Senovac. Dokter Ega dan timnya pun menjalankan tugasnya dengan sempurna. Darius Sabon Ama terpantau  menyelesaikan semua tahapan itu dengan sempurna di layanan terakhir (Meja Observasi).

Ismiyati, Sesilia Lepan Werang dan Yustina Ervina Kaha akhirnya menyakini sungguh bahwa Kepala Puskesmas Ritaebang itu tidak mengalami gejalah lain pasca divaksin (KIPI).

Demikianlah semua tahapan itu dilalui seluruh nakes,hingga mendapatkan  notifikasi  terkait jadwal vaksinasi tahap II (bagi yang divaksin) dan Kartu yang menandakan bahwa mereka telah tersuntik vaksin Covid-19.

Kegiatan vaksinasi tersebut berlangsung aman dan tertib dalam penjagaan Tim Bhabinkamtibmas Pos Solor Barat dan Tim Kodim 1624 Pos Ramil Solor Barat.*(GOE R1).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment