Larantuka/BaliNewsNetwork-Hujan deras  yang mengguyur kota Larantuka pada Senin (23/11) malam,meluapkan sampah yang selama ini ‘diam tak bergeming’  dalam kolong parit di sudut kiri bawah kompleks Pasar Larantuka.

Akibat luapan itu,banjir pun bergerak secara membabibuta dan ‘bertamu’ pada lapak  dan rumah penduduk di wilayah Kelurahan Pohon Bao bagian bawah,depan Toko Mentari itu.

Pantauan BaliNewsNetwork.com, Selasa (24/11) pukul 06.15 Wita, aneka jenis sampah  baik yang tergerus banjir tatkala melintasi selokan itu maupun sampah  sumbangan tanpa beban dari warga pasar tersebut, berhamburan di sudut pasar itu.

Areal yang sebelumnya disesaki oleh pedagang ikan,yang berbaur dengan pedagang buah pisang serta sayur-mayur itu pun kini tersesaki oleh sampah aneka jenis dan aneka aroma.

Tak ada pintu aliran air yang terlihat dari ujung deker yang telah hancur tergerus banjir itu,selain padatnya lumpur dan hamburan sampah pada mulutnya.

“Ini bukan sampah rumah tangga, namun sampah yang dibuang oleh para pedagang pasar.Padahal hampir di setiap sudut dalam pasar  itu  tersediakan bak sampah.Hampir setiap saat sebagian mereka yang di dalam itu,membuang sampahnya disini! Akibatnya mulut deker tertutup semua,dan semalam banjir meluap hingga masuk ke lapak dan rumah warga dibagian bawah,termasuk punya kami!,” tutur beberapa warga yang menonton pemandangan pada deker yang tak berselokan itu.

Selain hamburan sampah di sudut pasar tersebut,luapan banjir yang menghadiakan  tanah buat jalan, pun terlihat pada  cabang pasar bagian atas Kelurahan Pohon Bao.Pemandangan yang sama pun terlihat pada pintu masuk Kantor Lurah Ekasapta. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment