Masih Kabur Realisasi BST-Kab Flotim  

Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Flores Timur, Anselmus Yohanes Maryanto. Foto: BNN/Dok.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Warga penerima manfaat  Bantuan Sosial Tunai (BST) APBD II di Kabupaten Flores Timur-Nusa Tenggara Timur (NTT) kini terus menanti kepastian realisasi bantuan akibat Pandemi Covid-19  itu. Akankah saldo yang terisi disaat pengurusan Rekening Bank sebagaimana instruksi yang dilayangkan bagi setiap KPM tersebut, masih bertahan hingga datangnya kucuran BST Kabupaten tersebut?

Kepastian soal pencairan  dana Jaring Pengaman Sosial yang telah terpeta-kan dari total 16 Milyar Anggaran Penanganan Covid-19 di kabupaten Flores Timur tersebut pun terus berubah-ubah.

Walau sebelumnya kepada BaliNewsNetwork.com di ruang kerjanya, Rabu (26/08) Plt.Kepala Dinas Sosial Kabupaten Flores Timur, Anselmus Yohanes Maryanto telah memberikan angin segar akan kemungkinan pencairan tersebut di awal September 2020, toh penantian  itu  pun tetap menjadi penantian yang belum tergenapi.

“Memang, selama ini telah berproses, dengan prioritas pada Kelurahan. Namun karena ada kenyataan gagal bayar pada KPM  BST Pusat (APBN), maka terhadap KPM yang mengalami gagal bayar ini, kemudian ditambahkan dalam  KPM BST Kabupaten. SK kita  sudah siapkan, namun kami masih menanti data dari beberapa kelurahan dan desa yang belum memasukan data KPM plus Nomor Rekening mereka. Nah, data KPM itulah yang akan termuat dalam Lampiran SK Penerima BST Kabupaten itu. Kemarin , kami telah  menyurati pihak Pemerintah Kelurahan dan Pemerintah  Desa se-kabupaten Flores Timur untuk segera memasukan data para penerima (KPM) BST Kabupaten ini,dengan batasan waktu terakhir pada tanggal 28 Agustus 2020 mendatang. Selanjutnya, kami akan mengajukan permohonan pembayaran kepada pihak Badan Keuangan Daerah (BKD) dan diikuti pihak BKD ke BRI untuk melakukan penyaluran ke masing-masing rekening penerima. Dengan batas waktu yang telah kita tetapkan itu, maka target penyalurannya akan terjadi pada minggu depan (awal September 2020),” urai Anselmus Y.Maryanto  di ruang kerjanya pada Rabu, 26 Agustus 2020 silam.

Jadwal pencairan itu pun terus berubah mengikuti  kerja finalisasi data para KPM BST tersebut oleh pihak Dinas Sosial Kabupaten Flores Timur. Dari awal September hingga bergerak ke pertengahan September 2020, dan sampai kini, di saat keseluruhan dokumen administrasi ke – 2.500 KPM BST Kabupaten itu  telah final, namun tanda-tanda pencairannya belum juga terumumkan! Kandasnya di mana? (Emnir)

 

Editor :Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment