Denpasar/BaliNewsNetwork-Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali meluncurkan Excellent Business Class untuk program studi Bisnis Digital. Acara ini dirangkai dengan bedah buku karya Prof. Dasi Astawa, bertempat di Aula ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Rabu (12/08/2020).

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace saat membuka secara resmi acara ini mengatakan sangat mengapresiasi langkah-langkah strategi yang diambil oleh ITB STIKOM Bali dengan membuka Excellent Business Class ini.

“Saya sejak awal mengikuti bagaimana perkembangan STIKOM Bali dalam menjawab tantangan pendidikan di Indonesia khususnya di Bali. Sangat luar biasa sekali. Saya sering ngobrol dengan Pak Marlo, Prof. Bandem tentang kampus yang kita banggakan ini. Sangat luar biasa sekali,” kata Cok Ace sambil memandang ke arah Prof. Made Bandem, MA (Pembina Yayasan Widya Dhama Shanti-induk ITB STIKOM Bali).

Jadi pemanfaatan teknoiogi sangat luar biasa sekali. Ketika kampus lain belum berpikir ke sana, STIKOM Bali sudah berpikir sejauh itu. Bahkan untuk Excellent Business Class ini tidak hanya bermanfaat bagi para calon pengusaha tetapi juga jawaban dari tantangan-tangan yang dihadapi para pengusaha dan para pimpinan.

“Kenapa kita sangat sulit beradaptasi dengan perkembangan zaman karena kita menjadi pengusaha sukses hanya berdasarkan pengalaman,” kata Cok Ace.

Sebelumnya, Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan dalam laporannya mengatakan, program perkuliahan ini khusus untuk para profesional dan pebisnis (business owner), termasuk mereka yang baru lulusan SMA/SMK atau fresh graduated sebagai calon pengusaha.

Para mahasiswa ini dididik menjadi sarjana bisnis. Kuliah perdana Excellent Business Class akan dimulai pada awal September 2020. Dadang Hermawan  menerangkan, Excellent Business Class ini dirancang selesai kuiah dalam waktu 3 – 4 tahun.

Diasuh oleh dosen tetap dari internal ITB STIKOM Bali dan para praktisi bisnis berpengalaman, program ini didesain untuk melahirkan talenta-talenta tangguh yang mampu menjalin sinergi dan kemitraan dalam membangun usaha di sektor digital, sekaligus sebagai penggerak ekosistem perekonomian di era Industri 4.0.

Kelebihannya sebagai sarjana bisnis yang menguasai teknologi informasi, kegiatan ekspansi bisnisnya adalah aktif mengadopsi kampanye bisnis secara online dan tajam dalam research maupun analisis database sebagai pengambilan keputusan.

Berbekal mindset digital yang dinamis serta visioner dalam perencanaan sistem informasi, sangat memungkinkan terlahirnya aplikasi bisnis digital yang memberikan solusi atas tantangan bisnis global saat ini.

Konsep studinya yakni masa studi 3 – 4 tahun, pertemuan 49% secara online, jumlah mahasiswa maksimal 14 orang, jadwal kelas fleksibel, rekognisi pembelajaran lampau (RPL) atau proses pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang sebelumnya, kampus merdeka atau memberikan keleluasaan bagi mahasiswa selama 3 semester untuk kegiatan di luar kelas.

“Jadi kami juga menerapkan pengakuan terhadap proses pembelajaran lampau sekitar 40 50 persen, termasuk menerapkan program kementerin Dikbud RI yaitu kampus merdeka, dimana mahasiswa belajar 2-3 semester di luar kelas,”  terang Dadang Hermawan.

Fasilitas yang tersedia free coffee break, ruang kelas multimedia, parkir valet, asisten tugas akhir, kunjungan bisnis lokal, dan tidak ada biaya lain hingga wisuda di hotel berbintang.

“Kami juga memberikan free webinar untuk link virtual meeting dan konsultasi langsung dengan fasilitator utama,” kata Dadang Hermawan. Bagi Anda yang terarik mengikuti program ini, silakan daftar secara online pada laman: siap.stikom-bali.ac.id/excellent atau telepon bebas pulsa 0800 140 1819.

Saat ini ITB STIKOM Bali memiliki 5.500 mahasiswa (belum termasuk 900 calon mahassiwa baru yang sudah registrasi). Mereka tersebar di lima program studi yakni Prodi Sistem Informasi (S1 – S.Kom), Prodi Sistem Komputer (S1 – S.Kom), Prodi Teknologi Informasi (S1 – S.Kom), Dual Degree Program yang terdiri dari International Program (S.Kom – BIT) dan National Program (S.Kom – SE), dan Prodi Manajement Informatika. (*)

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment