Larantuka/BaliNewsNetwork-Walau sibuk dengan rutinitas mereka di ruangan Laboratorium tempat mereka bekerja, namun barisan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang tergabung dalam Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Cabang Flores Timur, meluangkan waktu mereka untuk melaksanakan On The Job Training Rapid Test Covid-19.

Sehubungan dengan kebijakan Bupati Flores Timur yang menggratiskan pemeriksaan Rapid Test Covid-19 bagi kalangan mahasiswa dan pelajar asal Flores Timur yang melanjutkan pendidikannya di luar NTT, barisan PATELKI Cabang Flores Timur pun terpanggil dan bergerak  melancarkan urusan tersebut.

Bertempat di Puskesmas Waiwadan, Kecamatan Adonara Barat, pada Jumat dan Sabtu (10-11/7) barisan Karolus Kopong Suban tersebut menyelenggarakan kegiatan On The Job Training Rapid Test Cocid-19 bagi tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) yang tersebar pada 21 puskesmas di Flores Timur.

“Sejak pandemi Covid-19 ini, pemeriksaan Rapid Test hanya dilaksanakan di RSUD Larantuka, Puskesmas Oka, Puskesmas Nagi, dan Puskesmas Waiwadan. Sehubungan dengan kebijakan Bupati Flores Timur menggratiskan pemeriksaan Rapid bagi kalangan mahasiswa dan pelajar yang melanjutkan pendidikan mereka di luar NT, maka kami terpanggil untuk menyelenggarakan pelatihan bagi tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik yang tersebar di semua puskesmas di Flotim ini. Bertempat di Puskesmas Waiwadan,kami telah melaksanakan kegiatan itu pada Jumat (10/7) dan Sabtu (11/7) yang diikuti 86 ATLM dengan rincian pada Jumat diikuti oleh 43  peserta dan di Sabtu pun 43 peserta,”  jelas Karolus Kopong Suban kepada balinewsnetwork.com, Minggu (12/7).

On The Job Training Rapid Test bagi semua anggota ATLM tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait pemeriksaan Rapid test Covid-19 di wilayah kerja masing-masing.

“Kami pun berharap agar semua ATLM dapat mempersiapkan mental mereka untuk melakukan pemeriksaan Rapid test Covid-19 ini,dan semua ATLM dapat berperan aktif dalam mendukung kebijakan Pemerintah terkait penanganan Covid 19 di Kabupaten Flores Timur ini.”

Kegiatan OJT tersebut dibuka oleh Kabid P2PM pada Dinas Kesehatan Flotim, Sudirman Kia, SKM yang sekaligus membawakan materinya bertajuk Peran ATML dalam Penaganan Covid-19 di Kabupaten Flores Timur. Selain Sudirman Kia, PATELKI Cabang Flotim pun menghadirkan pemateri Antonius Kebo Keda dalam materi : Teknik Pemeriksaan Rapid Test Covid 19. Sementara itu, praktek pemeriksaannya dibantu oleh Elisabet Sabu Keyn. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment