Kembali Ke Zona Merah, Pasien 03 Flotim Adalah Pekerja Proyek Pelabuhan

Kawasan Isolasi pada RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka, Flores Timur. Foto: BNN/Doc./Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-JK (36), seorang warga Kelurahan Tamangapa,Kecamatan Manggala, Makasar menambah daftar jumlah pasien Covid di Kabupaten Flores Timur. Pihak Laboratorium Biomolekuler RS Prof.W.Z.Yohanes Kupang setelah memeriksa spesimen JK yang dikirim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Kabupaten Flores Timur di Selasa (30/6), menerangkan dirinya Positif Covid-19, sebagaimana yang terumumkan Satuan Gugus Tugas Propinsi NTT pada Kamis (2/7). JK, menjadi Pasien 03 Flores Timur!

Siapakah JK dan bagaimana riwayat dirinya berada di Larantuka, ibu kota Kabupaten Flores Timur hingga pada penetapan status dirinya sebagai Pasien 03 Flotim?

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat  pada Sekertariat Daerah Flores Timur, Heronimus Lamawuran,S.Sos kepada BaliNewsNetwork.com di ruang kerjanya, Jumat (3/7) menerangkan, JK adalah seorang pekerja proyek pada pelabuhan laut Larantuka.

Dengan menumpangi Kapal Ferry, JK  di tanggal 6 Juni 2020, bersama ke-6 rekannya  bertolak dari Pelabuhan Bulukumba menuju  Labuan Bajo. Setelah tiba di labuan Bajo (8 Juni 2020), JK bersama rombongannya pun melanjutkan perjalanan darat menuju Larantuka. Mereka menggunakan jasa travel, dan baru tiba di Larantuka pada 10 Juni 2020.

“Tujuan mereka datang ke Larantuka adalah untuk membongkar peralatan pancang yang digunakan dalam pekerjaan rehab pelabuhan. Karena pekerjaan mereka itu telah selesai, maka JK memutuskan untuk  pulang ke Makasar.Dirinya lalu mengurus semua kelengkapan perjalanannya, termasuk pemeriksaan Rapid Test untuk mendapatkan Surat Keterangan sebagaimana persyaratan perjalanan antar propinsi. Bersama ke-3 temannya, JK lalu melaksanakan Test Rapid mandiri pada Laboratorium Mardhika –Larantuka. Di pemeriksaan Rapid tersebut, ketiga rekannya Non Reaktif, sedangkan JK Reaktif. Atas hasil tersebut, pihak Mardhika lalu berkoordinasi dengan Satuan Gugus Tugas Kabupaten, dan keesokan harinya, 26 Juni 2020, JK menjalani prosedur swab,” urai Herry Lamawuran.

Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan atas spesimennya itu di Kamis, 2 Juli 2020, Tim Gugus Tugas Kabupaten Flotim langsung menjemput JK di basecamp para pekerja tersebut. Tim yang beranggotakan Sudirman Kia, S.K.M (Kabid P2P Dinkes Flotim), Hendrikus Hayon, S.K.M, Maria Goreti Barelinda, A.Md.F dan Paurkes Res Flotim Oscar A.Lobo, AMK,  mengawali penjemputan tersebut dengan memberikan penjelasan serta menyerahkan hasil pemeriksaan Swab kepada JK.

Pelaksanaan evakuasi tersebut berjalan dengan lancar, hingga JK diserahkan kepada Tim Medis yang bertugas di Ruang Penyakit Infeksi Emergency (PIE) RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment