Spesimen SWAB Pasien 01 dan 02 Flotim Kembali Dikirim

Jubir Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur, dr. Agustinus Ogie Silimalar. Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Satuan  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur akan kembali mengirim  spesimen SWAB Pasien 01 dan 02, ke Laboratorium RSUD Prof W.Z Yohanes Kupang, besok, Jumat (5/6).

Jubir Satuan Gugus Tugas Kabupaten Flores Timur, dr. Agustinus Ogie Silimalar kepada wartawan di ruang kerja Ketua Pelaksana Gugus Tugas Kabupaten, Paulus Igo Geroda, Selasa (2/6) mengutarakan, akan terus memastikan perkembangan penanganan kesehatan kedua pasien positip covid tersebut.

“Telah terjadwalkan pada Jumad, 5 Juni 2020, kami akan mengirim kedua sampel SWAB dari kedua Pasien kita melalui penyeberangan KMP Fery.Untuk Pasien 01, pengiriman kali ini merupakan pengiriman ke-4 (Pertama pada Labor Eijkman Jakarta) dan untuk ketiga kalinya diperiksa pada Laboratorium RSUD Prof.W.Z Yohanes Kupang. Sedangkan untuk Pasien 02, pengiriman kali ini merupakan pengiriman dan pemeriksaan kedua,” jelas dokter Ogie Silimalar.

Sebagaimana yang terberitakan sebelumnya, RB,Pasien 01 baru mendapat keterangan Negatif pada pemeriksaan spesimen SWAB-nya yang ke-3. Pasca penetapan Terkonfirmasi Positip Covid oleh pihak Laboratorium Eijkman Jakarta, di pemeriksaan spesimen keduanya oleh pihak Laboratorium RSUD W.Z Yohanes Kupang,pelaku perjalanan yang tercatat pada klaster Lambelu (Maumere) tersebut masih mendapat keterangan Terkonfirmasi Positif. Keterangan Negatif baru diperolehnya pada pemeriksaan spesimen ketiga.

“Karena baru mendapat hasil satu kali Negatif, maka Pasien 01 ini belum bisa kita pulangkan. Sebagaimana Standar Operasional Penanganan Pasien Covid-19, seseorang pasien covid-19 akan dinyatakan bebas setelah dua kali mendapatkan hasil Negatif. Oleh karena itu RB, akan kembali menjalani prosedur SWAB .Mudah-mudahan di pemeriksaan spesimen SWAB tahap ke-4 ini, RB tetap Negatif!,” ungkap dokter Ogie dan Paulus Igo Geroda.

Sementara itu, AL yang diketahui Reaktif pada pemeriksaan Rapid kedua (15 Mei 2020) terumumkan Terkonfirmasi Positip pada pemeriksaan spesimen SWAB Pertamanya oleh pihak Laboratorium RSUD W.Z Yohanes Kupang (Jumat, 29 Mei 2020). Pelaku perjalanan yang teridentifikasi pada klaster Gowa tersebut kini kembali menjalani prosedur SWAB tahap kedua.

Keduanya kini sedang menjalani perawatan pada ruangan isolasi RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka. Kedua pasien tersebut memiliki kemiripan, tanpa gejala. Sejak Reaktif pada pemeriksaan Rapid kedua hingga dinyatakan Terkonfirmsi Positip,kedua pasien asal Desa Sagu tersebut tidak memperlihatkan gejala-gejala Covid-19.

Orang Tanpa Gejala (OTG), demikian kategori kedua Pasien Positip Covid itu,sebagaimana yang diutarakan oleh Jubir Gugus Tugas Kabupaten Flotim,dokter Ogie sewaktu memberikan keterangan kepada wartawan atas hasil pemeriksaan spesimen SWAB asal Kabupaten Flotim belum lama ini. (Emnir)

 

Editor : Rahmana Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment