Ke-22 Warga Binongko-Sagu Tidak Datang,Test Rapid Batal Terlaksana

Camat Adonara, Ariston Kolot Ola Tokan (berlengan panjang)  bersama Tim Satuan Gugus Tuhas Kecamatan dalam rapat  koordinasi, Minggu (31/5) Foto: BNN/doc.ako/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Rencana pemeriksaan Rapid terhadap ke-22 warga Dusun Binongko, Desa Sagu, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur hari ini, Senin (1/6) batal terlaksana ! Warga yang sebelumnya telah menyatakan kesediaan mereka, mendadak menolak menjalani  pemeriksaan tersebut, walau pihak Pemerintah Desa Sagu telah menyiapkan sejumlah kendaraan jemputan.

Camat Adonara, Ariston Kolot Ola yang dikonfirmasi BaliNewsnetwork.com, melalui sambungan telepon di Senin (1/6) pukul 17.30 wita, membenarkan kondisi tersebut.

“Atas kesepakatan bersama kemarin, maka tadi, kami, Satuan Gugus Tugas Kecamatan dan Tim Kesehatan Satuan Gugus Tugas Kabupaten, langsung ke Puskesmas Sagu. Kami tiba di Puskesmas sekitar pukul 09.00 wita. Kurang lebih sekitar pukul 10.00 wita, Kepala Desa Sagu bersama perangkatnya tiba dan menyampaikan kalau warga sudah tidak mau datang. Atas penyampaian Kades tersebut, saya langsung membangun koordinasi dengan Tim Satuan Gugus Kecamatan. Dalam koordinasi tersebut, Tim menyarankan agar persoalan ini dikomunikasikan dengan Satuan Gugus Tugas Kabupaten Flores Timur. Dan saya pun langsung membangun koordinasi dengan pihak Gugus Tugas Kabupaten.” ujar Camat Ariston Kolot Ola sembari menambahkan, pihaknya tak menyangka kalau kondisi itu bakal terjadi.

Sebagaimana dalam pertemuan sehari sebelumnya, demikian Camat Ariston dalam penjelasan lanjutannya, warga dihadapan pihak Pemdes Sagu dan Tim Satuan Gugus Tugas Kecamatan Adonara menyatakan bersedia untuk menjalani pemeriksaan tersebut. Soal waktu pun tersepakati dengan baik, pukul 09.00 wita.

“Bahkan untuk memudahkan mereka tiba di Puskesmas, Kades Sagu membantu menyiapkan kendaraan antar jemput! Dan semuanya itu tersepakati dengan baik.Dan tadi, kendaraan jemputan pun terlihat siaga!,” kisah Camat Adonara itu seraya  menanti informasi lanjutan dari Satuan Gugus Tugas Kabupaten.

Terberitakan sebelumnya, pasca terumumkan AL (55) warga Desa Sagu Terkonfirmasi Positip Covid-19  berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen SWAB-nya oleh pihak Laboratorium Molekuler RSUD Prof W.Z Yohanes, Kupang pada Jumad 29 Mei 2020, pihak Satuan Gugus Tugas Kabupaten Flotim pun langsung melakukan tracking terhadap kemungkinan warga yang telah melakukan kontak erat dengan Pasien 02 Flotim tersebut. Dan dari hasil pelacakan tersebut, ditemukanlah sebanyak 22 warga di Dusun Binongko (tempat kediaman AL) yang telah berkontak erat dengan AL.

Mengikuti   protap  penanganan Covid-19, Tim Satuan Gugus Tugas Kabupaten pun berencana  akan melanjutkan dengan pemeriksaan Rapid dan prosedur SWAB. Koordinasi instensif yang dibangun bersama Satuan Gugus Tugas Kecamatan Adonara dan Pemerintah Desa Sagu di Minggu (31/5) pun melahirkan kesepakatan gemilang.! Ke-22 warga (hasil tracking) tersebut menyatakan kesediaan mereka untuk menjalani pemeriksaan tersebut pada hari ini ,Senin (1/6) pukul 09.00 wita.Sayang, kesepakatan tersebut berujung pada pembatalan! (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment