22 Warga Dusun Binongko-Sagu Siap Jalani Prosedur SWAB dan Rapid

Camat Adonara,Ariston Kolot Ola (duduk,kedua dari kiri) bersama Tim Satuan Gugus Tugas Kecamatan Adonara, memberikan pemahaman kepada warga Dusun Binongko, Desa Sagu, Minggu (31/5). Foto: BNN/doc.ako/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Tim Kesehatan Satuan Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Flores Timur akan menerapkan dua formula pemeriksaan terhadap ke-22 warga di Dusun Binongko, Desa Sagu,Kecamatan Adonara, besok, Senin (1/6). Ke-22 warga yang berdasarkan hasil tracking pernah melakukan kontak erat dengan Pasien 02, AL (55), akan menjalani prosedur SWAB dan Test Rapid.

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Cocid-19 Kabupaten Flores Timur, dr.Agustinus Ogie Silimalar kepada wartawan beberapa hari lalu mengungkapkan akan menerapkan prosedur SWAB bagi keluarga dekat Pasien 02,  dan Rapid Test bagi warga lainnya yang telah melakukan kontak erat dengannya.

“Dengan adanya hasil yang terumumkan ini, maka terkait pemeriksaan kesehatan, kami  akan menerapkan dua formula pemeriksaan, yakni langsung dengan prosedur SWAB bagi keluarga dekat AL, dan pemeriksaan Rapid bagi warga lainnya yang berdasarkan hasil pelacakan,atau tracking, pernah berkontak erat dengan Pasien 02 itu.Peralatan baik VTM dan Rapid Testsangat siap !”ujar  dokter Ogie.

Untuk melancarkan pelaksanaan pemeriksaan tersebut, bersama Pemderintah Desa Sagu, Tim Satuan Gugus Tugas Kecamatan Adonara dalam jalinan koordinasi dengan Satuan Gugus Tugas Kabupaten Flotim, di Minggu (31/5) telah melakukan pertemuan bersama warga di Dusun Binongko dan memberikan pemahaman terkait pelaksanaan pemeriksaan itu.

“Tadi, kami dari satuan Gugus Tugas Kecamatan Adonara bersama Pemdes Sagu, telah membangun komunikasi dan memberikan pemahaman kepada warga Dusun Binongko, khususnya mereka yang pernah melakukan kontak erat dengan Pasien 02 tersebut. Mereka  pun bersedia dan bersepakat untuk menjalani pemeriksaan itu pada besok, Senin, 1 Juni 2020 ! Pemeriksaan tersebut akan berlangsung di Puskesmas Sagu oleh Tim Kesehatan Satuan Gugus Tugas Kabupaten Flotim !” ungkap Camat Adonara,Ariston Kolot Ola yang dikonfirmasi BaliNewsNetwork.com melalui saluran Messenger, Minggu (31/5) pukul 18.10 wita. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment