Via KMP Ranaka, Flotim Kirim Lagi Dua Sampel SWAB

Menani Jam Berangka.KMP Ferry Ranaka di Pelabuhan Waibalun Laranuka-Flores Timur, Jumat (8/5). Foto: BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur kembali mengirim dua sampel SWAB ke Laboratorium Kesehatan Daerah Propinsi NTT di Kupang , Jumad (8/5) melalui KMP.Ferry Ranaka. Seorang petugas dari Dinas Kesehatan Flotim,mengawal ‘perjalanan’ dua sampel SWAB tersebut.

Kabar  tentang pengiriman tersebut dibenarkan oleh  Supervisi PT.ASDP (Persero) Lintasan Larantuka, Gabrial Dasilva  ketika dikonfirmasi  sejumlah wartawan  di ruang kerjanya, Jumad (8/5).

Sembari memperlihatkan  surat  berkop Kementerian Kesehatan Republik Indonesia , Direkorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kantor Kesehatan Pelabuhan  Kelas III Kupang Pos Pelabuhan Laut Larantuka, bernomor SR.01/5.5/14/2020 , 7 Mei 2020 dengan perihal Penyampaian Pengiriman Sampel COVID-19, Gabriel Dasilva bahkan mengakui kalau pihaknya pun telah membangun komunikasi  bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan  Larantuka dan pihak Dinas Kesehatan Flotim tentang urusan teknis pengiriman dua sampel SWAB itu.

Gabriel Dasilva

“Kemarin, kami sudah membangun koordinasi soal pengiriman itu. Kami sangat mendukung untuk kelancaran pengiriman  dua sampel  SWAB yang menurut rencana akan diberangkatkan siang ini (pukul 12.00 wita) dengan KMP Ranaka menuju Kupang. Dalam komunikasi kami kemarin itu, kami minta agar urusan teknis seperti proses packing -pengepakan serta pengangkutan hingga dalam kapal dan penyimpanannya ,tetap dalam kawalan Dinkes Flotim.” ujar Gabriel Dasilva.

Tersebutkan dalam Surat bernomor  SR.01.05/5.5/14/2020  yang ditandatangani oleh Koordinator Pos Pelabuhan Laut Larantuka, Renildis Barek Duga,Amd.KL , pengiriman sampel SWAB tersebut terdiri dari Usap Swab Nasofaring, Usap Swab Orafaring serta serum dari dua (2) orang pada Jumad 8 Mei 2020  oleh Dinas Kesehan Kabupaten Floim  melalui Pelabuhan Penyeberangan Ferry Waibalun –Larantuka dengan Kapal KMP.Ranaka.

Sampel tersebut sudah dilakukan pengepakan oleh Dinkes Flores Timur, sudah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Pos Pelabuhan Laut Larantuka dan selanjutnya akan dikirim ke Kupang dan diterima oleh Laboratorium Kesehatan Propinsi NTT. (Emnir)

 

Editor: Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment