Tiba di Pelabuhan Waibalun, Ratusan Penumpang KMP Ile Labalekan Tertib Jalani Pemeriksaan

Situasi pemeriksaan penumpang KMP Ferry Ile Labalekan di Pelabuhan Ferry Waibalun, Larantuka, Flores Timur usai kapal tersebut sandar, Senin (6/4) pukul 07.00 wita. Foto : BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork.com- Kedatangan KMP Ferry Ile Labalekan di Pelabuhan Ferry Waibalun-Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Senin (6/4) disambut Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur. Pergerakan ratusan penumpang bersama barang bawaan dan sejumlah kendaraan bermotor dengan tertib mengikuti tahapan pemeriksaan.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com pada pukul 07.00 Wita, antrian  langsung terbentuk  memanjang dari gerbang  keluar-masuk penumpang  hingga areal sandaran kapal usai KMP Ile Labalekan bersandar. Beberapa aparat  Kodim 1624 Flotim dan Polres Flotim nampak siaga menjaga  barisan antrian tersebut. Sekali keluar, 3 penumpang, demikianlah pengaturan ritme pergerakan keluar penumpang mengikuti jumlah petugas yang bertugas  menyemprotkan disifektan.

Semuanya berjalan dengan tertib. Barang bawaan penumpang diatur pada sisi kanan. Ada serorang petugas Sanitarian Dinas Kesehatan Flotim yang khusus melakukan penyemprotan barang bawaan penumpang itu. Sedangkan khusus penumpang, mereka berhadapan dengan petugas Sanitarian di area tengah dan kirinya.

Setelah melewati tahapan penyemprotan itu, dengan tertib pula mereka  bergeser tiga langkah ke depan untuk menjalani tahapan pemeriksaan suhu tubuh. Tiga anggota pemegang Thermal Gun nampak sigap dan dengan teliti melaksanakan tahapan pemeriksaan  tersebut.

Dikelilingi oleh barisan aparat keamanan di lapisan kedua tersebut, tetiga petugas Thermal Gun itu dengan santun memperlihatkan hasil pencatatan alat ukur suhu tubuh itu kepada setiap penumpang. Para penumpang pun langsung diarahkan  menuju meja pendataan. Di meja tersebut, para penumpang akan menjalani tahapan pendataan by name by adress serta hasil pencatatan Thermal Gun itu.

Juru Bicara Satuan  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur, dokter Agustinus Ogie Silimalar yang dikonfirmasi BaliNewsnetwork.com di sela-sela pemantauan kerja timnya tersebut  menjelaskan, berdasarkan manifest penumpang KMP Ferry Ile Labalekan yang diterima pihaknya, jumlah penumpang yang diberangkatkan dari Pelabuhan Bolok-Kupang tersebut berjumlah 223 orang. Termuat di dalamnya ada 42 kendaraan roda dua, 5  unit kendaraan roda empat  dan 7 unit truk.

“Soal jumlah penumpang pastinya, nanti setelah pendataan petugas kami. Namun berdasarkan manifest penumpang KMP Ile Labalekan yang kami terima tadi malam, totalnya berjumlah 223 orang . Sedangkan jumlah kendaraan yang termuat, ada 42 unit kendaraan roda dua, roda empat ada 5 unit, dan 7 unit truk. Teman-teman wartawan lihat sendiri, betapa sigapnya tim kami dan betapa tertibnya pemeriksaan itu. Nah, beginilah kalau semua kita patuh terhadap instruksi dan protap pencegahan Covid-19  di daerah ini,” ungkap dokter Ogie yang adalah juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur itu.* (Emnir).

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment