BUMDes di Denpasar Bergerak Bersama Cegah Penularan Covid-19

Proses pengantaran pesanan masyarakat oleh BUMDes Kerta Sari Utama, Desa Kesiman Kertalangu Denpasar.Foto:BNN/ist

Denpasar|balinewsnetwork.com
Seluruh stakeholder di Kota Denpasar nampaknya mulai paham tentang mitigasi penanganan Covid-19. Sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat selama penerapan work from home, belajar dirumah dan mengurangi aktivtas di luar rumah, seluruh elemen masyarakat ikut bergerak bersama.

Setelah sebelumnya diawali Pasar Badung dan Pasar Phula Kerti, kini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang tersebar di seluruh desa se-Kota Denpasar secara bertahap ikut bergerak dalam menyediakan Kebutuhan Pokok masyarakat selama penanganan Pandemi Covid-19 ini melalui pelayanan online atau pelayanan pengantaran

Ketua Forum Perbekel/Lurah Kota Denpasar, I Gde Wijaya Saputra Sabtu (4/4) menjelaskan bahwa sebagai upaya menghindari penularan Covid-19, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikordinir oleh Perbekel se-Kota Denpasar turut melayani masyarakat membeli sembako melalui sistem daring dengan aplikasi WhatsApp (WA).

Tak hanya itu, bahkan di Desa Kesiman Kertalangu sudah menggunakan aplikasi BUMDesKu. Setelah itu, barang pesanan langsung diantar ke rumah warga masing-masing sebagai upaya penerapan social dan physical distancing.

”Masyarakat yang membutuhkan sembako, seperti beras, minyak, gula maupun bumbu-bumbuan tinggal dipesan lewat WA kepada pegawai BUMdes. Barang yang dipesan akan langsung diantar ke rumah warga sehingga dapat mengurangi kerumunan warga saat berbelanja seperti di pasar,’’ kata Wijaya Saputra

Menurut Wijaya Saputra, pemesanan kebutuhan pokok bukan hanya dilakukan masyarakat desa saja, namun juga melayani warung-warung dan pedagang eceran yang ada di sekitar desa setempat.

Karena BUMDes sudah menyiapkan pangan kebutuhan pokok masyarakat selama penanganan kasus Covid-19. Saat ini, beberapa BUMDes telah menerapkan pelayanan berbasis daring ini.

Mulai dari BUMDes Kerta Sari Utama, Desa Kesiman Kertalangu, BUMDes Asta Giri Sadhana Desa Dangin Puri Kaja dan BUMDes Agung Karya Desa Peguyangan Kangin. Sedankan yang belum menerapkan secara bertahap akan diterapkan.

”Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai kebutuhan yang dipesan dan diantar ke rumah demi lebih cepat memutus virus Corona,’’ ujar pria yang juga Perbekel Desa Padangsambian Klod ini.

Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena didampingi Ketua BUMdes Kerta Utama, I Wayan Temaja menambahkan bahwa di Desa Kesiman Kertalangu, pelayanan pembelian kebutuhan pokok dapat dilaksanakan lewat aplikasi BUMDesKU.

Dimana, masyarakat dapat berbelanja lebih cepat dengan sistem daring, barang akan langsung dikirim, harga yang didapat adalah harga grosir, dan pembeli dapat memantau langsung proses pengiriman barang secara realtime.

“Nanti masyarakat yang hendak memanfaatkan aplikasi ini, khususnya di Desa Kesiman Kertalangu dapat mendownload apliksinya di Play Store dengan emngikuti langkah yang sudah tertera,” ujarnya.

Sementara Ketua BUMDes Kerta Utama, Desa Kesiman Kertalangu, I Wayan Temaja, mengungkapkan, barang-barang kebutuhan pokok yang dijual kepada masyarakat selalu tersedia.

”Usaha milik desa ini memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, sehingga usaha ini dapat berkembang dan maju ke depannya,’’ ucap Temaja.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment