Pemdes Kalelu Siapkan Tiga Hunian Karantina Mandiri

Dua dari kelima  Pelaku Perjalanan asal Desa Kalelu ketika tiba dikampung halamannya dan menempati hunian Karantina Mandiri yang disiapkan Pemdes setempat, Selasa  (24/3). Foto: BNN/doc.rjwlislr/Emnir.

Solor/BaliNewsNetwork-Pemerintah Desa Kalelu, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur- NTT mengiklaskan  Balai Desa dan Balai Posyandu serta satu rumah penduduk untuk menampung kelima warga eks perantau yang baru tiba dikampung halaman mereka, Kalelu, Selasa (24/3). Hal tersebut  sebagai upayah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) sebagaimana protap pencegahannya.Mereka tidak berstatus ODP!

Ketika tiba di Kalelu, kelima eks penumpang Kapal Lambelu tersebut langsung menjalani masa karantina mandiri pada hunian yang telah disiapkan itu. Pemdes bersama Tenaga Kesehatan pada Pustu Kalelu  pun rutin melakukan pemantauan .

“Ada lima  orang  asal desa ini  yang pulang dari tanah rantau dengan  menggunakan Kapal Lambelu kemarin. Sebelum mereka tiba, kami memang telah mempercakapkan itu. Dan dalam koordinasi kami itu, pihak Pemdes  pun menyepakati penggunaan dua sarana umum milik desa itu, dan juga  satu rumah penduduk bagi mereka. Yang pasutri menggunakan salah satu ruangan di Balai  Desa, dua pria lainnya  menggunakan rumah penduduk dan seorang perempuan menempati balai posyandu. Bersama pihak Pemdes, kami mengarahkan mereka untuk wajib dan patuh melaksanakan masa karantina selama 14 hari itu. Dan mereka pun sangat siap menjalankan tahapan itu.”jelas  Imelda Dunat Bui , Bidan Pustu Kalelu kepada BaliNewsNetwork, Rabu (25/3) .

Kelima  mereka tercatat sebagai pelaku perjalanan dari daerah Malaysia Timur dan Kalimantan Timur. Tiga diantara mereka  sebelumnya bekerja di Malaysia Timur, dan dua lainnya di Kalimantan Timur. (Emnir)

 

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment