Peringati Hut Kota Denpasar ke-232 Jaya Negara

Jaya Negara membuka lomba burung Walikota Cup.Foto:BNN/pro

Denpasar – BaliNewsNetwork.com | Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara membuka lomba burung berkicau yang digelar dalam rangka  memeriahkan HUT ke-232 Kota Denpasar bertajuk Walikota Cup  yang berlangsung di Lapangan Lumintang Denpasar, Minggu (16/2/2020).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Denpasar bekerja sama dengan Kolibri Ninja Indonesia (KNI) Denpasar dihadiri juga Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra serta puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pembukaan ditandai dengan pelepasan burung serta penyerahan burung Kolibri kepada Pemkot Denpasar untuk di konservasi.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan, lomba burung berkicau ini merupakan rangkaian HUT Kota Denpasar ke- 232, kegiatan ini diharapkan bisa mengajak masyarakat Denpasar untuk mencintai kotanya dengan melakukan kegiatan yang positif salah satunya dengan kegiatan lomba burung ini.

“Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan menjaga ekosistem seperti burung,” ujarnya.

Jaya Negara sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya meminta agar kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Selain itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi ruang kepada pecinta burung di Kota Denpasar untuk saling bersilahturahmi antar penggemar burung.

“Saya berpesan kepada penyelenggara, panitia serta juri bahkan peserta dijaga kekompakan, hingga kegiatan ini berjalan dengan lancar,”pesannya.

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan, dengan diberikannya Pemkot Denpasar sebanyak 25 pasang burung Kolibri Ninja, pihaknya akan melakukan langkah konservasi untuk mengembang biakan burung tersebut sebagai ikonik baru di Denpasar.

“Pemberian burung tersebut akan di konservasi di beberapa tempat di Kota Denpasar seperti di Tukad Bindu, Dam Oongan, serta di Hutan Mangrove. Hal tersebut guna pengembangan budidaya burung Kolibri Ninja di Kota Denpasar,” harap Jaya Negara.

Sementara Ketua Panitia, AAN Gede Lanang Tresnawan mengatakan lomba ini menjadi wadah penyaluran pecinta burung kicau di Denpasar. Adapun kategori perlombaan sebanyak 35 sesi yang memperebutkan uang  hingga jutaan rupiah. Sedangkan burung yang diperlombakan seperti Murai, Lovebird, Cendet, Kacer dan tentunya Kolibri Ninja.

“Kegiatan ini baru pertama kalinya dilaksanakan yang diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kedepan pihaknya berharap kegiatan ini secara rutin dilaksanakan di Kota Denpasar untuk menjadi daya tarik baru pariwisata di Kota Denpasar,” ujarnya.

Selain itu melalui kegiatan ini pihaknya memperkenalkan burung Kolibri Ninja yang akan di konservasi di Kota Denpasar. Dengan langkah tersebut diharapkan masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan serta memberi dampak positif bagi pariwisata di Kota Denpasar.

“Kami ingin perkenalkan burung ini kepada masyarakat, dan juga disambut baik Pemerintah Kota Denpasar. Dengan ini sejalan dengan kami yang ingin memberi wadah dan nuansa baru bagi pencinta burung yang berujung pada peningkatan peminat burung yang akan datang dari berbagai daerah di Indonesia,” ucapnya.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment