Selundupkan 2,7 Kilogram Sabu dari Jakarta ke Bali, Dua WN India Dituntut 20 Tahun

Dua WNA asal India, Manjeet Singh  dan Harvinder Singh yang menyelundupkan sabu dari Jakarta ke Bali saat diadili di PN Denpasar.Foto:BNN/pro

Denpasar – BaliNewsNetwork.com | Dua WNA asal India, Manjeet Singh (32) dan Harvinder Singh (26) yang ditangkap karena kedapatan membawa narkotika jenis sabu sabu seberat 2,7 kilogram dari Jakarta ke Bali, pada sidang, Kamis (13/2/2020) malam di tunggu 20 tahun penjara.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Made Lovi Pusnawan dalam amar tuntutannya yang dibacakan dihadapan majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar pimpinan I Made Pasek menyatakan kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (2) UU Narkotika.

“Mengatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 gram,” tegas jaksa dalam dakwaannya.

Setelah mempertimbangkan hal hal yang memberatkan dan meringankan, jaksa akhirnya sampai pada tuntutan hukuman yang dijatuhkan kepada dua terdakwa. “Memohon kepada majelis hakim untuk menghukum kedua terdakwa oleh karena dengan pidana oenjara masing-maisng 20 tahun,” demikian tuntutan jaksa yang dibacakan di muka sidang.

Atas tuntutan itu, kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya sepakan akan mengajukan pembelaan selama tertulis pada sidang selanjutnya, “Kami mohon waktu untuk mengajukan pembelaan secara tertulis yang mulia,” ujar kuasa hukum kedua terdakwa.

Seperti diketahui, kasus yang menjerat terdakwa ini bermula pada Senin (2/9) di Pasar Baru, Jakarta. Terdakwa Manjeet dan terdakwa Harvinder menerima paket narkotika jenis sabu dari seseorang bernama Kulwant Kulkata.

Keduanya disuruh untuk membawa paket tersebut ke Pulau Dewata. “Ke Bali untuk diserahkan kepada orang yang tidak kenal dengan upah sebesar Rp 9 juta,”kata Jaksa Lovi.

Selanjutnya, para terdakwa langsung berangkat menuju Bali melalui Bandara Internasional  Soekarno Hatta. Sebelum berangkat, para terdakwa pergi ke toilet bandara.

Keduanya memasukkan paket sabu yang dibungkus dalam tas kain warna biru ke dalam koper milik terdakwa Harvinder. Tas biru diselipkan diantara lipatan baju terdakwa Harvinder.

“Setiba di Bali, keduanya langsung menuju Hotel Palm Bamboo, Kamar Nomor 8, Jalan Pratama, Kuta Selatan, Badung,” sebut Jaksa Kejari Denpasar ini.

Esok harinya, Selasa (3/9) sekitar pukul 10.00 WITA, Polresta Denpasar mengerebek kamar para terdakwa. Saat itu, para terdakwa tengah mengemas 4 bungkus paket sabu menjadi satu paket ke dalam sebuah plastik biru di meja hotel.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment