Rai Mantra Apresiasi Lomba Sketsa Ogoh ogoh Sekaa Teruna Tunas Muda Sidekarya

Rai Mantra memberikan apresiasi lomba sketsa Ogoh-ogoh.Foto:BNN/ist

Denpasar-BaliNewsNetwork.comUntuk dapat mewujudkan sebuah karya ogoh-ogoh tidak akan bisa lepaskan dari sebuah karya Sketsa yang akan di pakai sebagai  dasar atau acuan dalam berproses  mengerjakan sebuah Ogoh-Ogoh. Akan tetapi sering karya Sketsa tidak dapat porsi atapun posisi yang pantas dan layak sebagai karya seni.

Melihat fenomena tersebut maka pada kesempatan tahun ini Sekaa Teruna Tunas Muda Br Dukuh Merta Jati Sidakarya akan mengadakan lomba sketsa ogoh-ogoh pada tanggal 16 Maret mendatang.

Event ini bukan semata sebagai ajang kontestasi tapi menitik beratkan pada penumbuhan kesadaran pada nilai estetika yang patut dihargai lebih,”  ungkap

Ketua ST Tunas Muda Br Dukuh Merta Jati Sidakarya.I Putu Ade Widiantara saat audensi dengan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar, Senin (10/2/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan lomba ini sengaja digelar mengingat sketsa memiliki peran yang sangat penting dalam proses berkarya dan merupakan karya yang paling awal setelah proses penentuan tema atau konsep sebagai media penuangan gagasan atau ide yang ditetapkan untuk mewujudkan karya ogoh-ogoh tersebut.

Tidak hanya dengan lomba ini juga dapat memberikan ruang apresiasi pada karya seni rupa khususnya seni sketsa. Serta mewadahi para kaum muda khususnya di Bali untuk mengembangkan potensi seni.

Lomba dibuka untuk seluruh Sekaa Teruna  se Bali. “Maka dari itu kami mohon doa restu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus untuk membuka kegiatan ini,” ungkap Widiantara

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kabag Humas dan Protokol Dewa Gede Rai sangat mendukung dan memberikan apresiasi kegiatan yang akan dilaksanakan Sekaa Truna Tunas Muda.

Menurutnya kegiatan sangat bagus dan  kreatif. Bahkan hasil dari sketsa itu bisa di file kan dan menjadi sebuah buku.  Maka dari itu kegiatan ini harus di koordinasikan dengan Bekraf Kota Denpasar.

Sehingga bisa dijadikan agenda tahunan, bahkan hasil karya yang mendapatkan juara  bisa dipamerkan di Gedung Dharma Negara Alaya. “Ide mereka sangat  kreatif maka dari itu kegiatan ini bisa dirancang menjadi agenda tahunan,” ujar Rai Mantra.(pro)

Editor : Rahman Sabon Nama

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment