Puskesmas Ritaebang Rujuk Lagi 7 Pasien Terindikasi DBD

Tim Medis PKM Ritaebang,melakukan pengawalan terhadap 7 pasien  yang terindikasi DBD ke RSUD LArantuka. Senin (10/2). Foto : BNN/Emnir.

Larantuka/BaliNewsNetwork-Pihak Puskesmas Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur-NTT, lagi-lagi merujuk  7 pasien yang secara klinis terindikasi DBD ke RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka, di Senin (10/2).  Ada 4 pasien berasal dari desa Titehena, dan 3 berasal dari desa Kalelu.

Sebagaimana yang disaksikan BaliNewsNetwork.com, dengan menggunakan KM. Blessing Ryan, ketujuh pasien yang rata-rata berusia balita tersebut dihantar  tim PKM Ritaebang ke Larantuka. Di dalam Kapal Motor tersebut, tim medis nampak ekstra melakukan pengawalan terhadap ketujuh pasien berusia balita tersebut.

“Rujukkan ini merupakan rujukkan ke-4 dalam pekan ini. Pagi ini ada 7 pasien yang kami rujuk ke RSUD Larantuka. Empat (4) pasien berasal dari desa Titehena, dan 3 dari desa Kalelu. Tiga diantara mereka mendapat rujukan ke ruangan UGD RSUD Larantuka.Ketiga mereka itu berasal dari desa Titehena. Dan Empat (4) pasien dirujuk ke ruangan Poli Anak, 3 dari desa Kalelu dan 1 dari desa Titehena.” ungkap  Pengelolah UGD dan Rawat Inap Puskesmas Ritaebang. Agustina Yuliyanti Tuku Riwu, sembari membetulkan slang infus pada seorang pasien balita.

Dengan rujukkan di Senin (10/2) tersebut maka sejak tanggal 4-10 Pebruari 2020, Puskesmas Ritaebang telah 4 kali melakukan rujukan pasien yang terindikasi DBD ke RSUD Larantuka,dengan total pasien 18 orang. Sudah ada 5 pasien asal desa Kalelu yang dinyatakan pihak RSUD Hendrikus Fernandez Larantuka positip mengidap DBD. Kini,4 pasien asal Titehena yang berbatasan langsung dengan Kalelu, kembali dirujuk ke RSUD Larantuka dengan klinis mengarah ke DBD.

Kondisi tersebut, pun langsung disikapi pimpinan Puskesmas setempat. Darius Sabon Ama langsung menurunkan timnya di Senin (10/2) ke Desa Titehena untuk melakukan pelacakan.(Emnir)

Editor : Rahman Sabon Nama

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment