Bupati Robby Idong Resmi Gandeng ITB STIKOM Bali – Kirim Anak Muda Sikka Magang ke Luar Negeri

Bupati Kabupaten Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos., M.Si alias Robby Idong dan Rektor ITB Dr. Dadang Hermawan menandatangani naskah Perjanjian Kerja Sama yang membuka peluang anak muda Sikka melajutkan kuliah di ITB STIKOM Bali sambil magang ke luar negeri. Foto: BNN/Alde.

Denpasar/BaliNewsNetwork.Com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka, Flores, dibawah kepemimpinan bupati Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos., M.Si atau akrab dipanggil Robby Idong, resmi menjalin kerja sama dengan ITB STIKOM Bali  untuk mengirim anak muda Sikka melanjutkan pendidikan di ITB STIKOM Bali sambil mengikuti magang kerja ke luar negeri.

Perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemkab Sikka dengan ITB STIKOM Bali dilakukan oleh Bupati Sikka Robby Idong  dengan Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan, di kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Kamis (06/02/2020), disaksikan oleh Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sikka Alfridus Melanus Aeng, SH., anggota DPRD Kabupaten Sikka Charles Filario, dan Wakil Rektur II ITB STIKOM Bali Putri Srinadi, SE., MM.Kom serta Direktur LPK Darma Drs. Dede Heryadhy, MM.

Dadang Hermawan menjelaskan, pihaknya sudah mengirim mahasiswa ITB STIKOM Bali untuk magang di luar negeri seperti di Taiwan dan Jepang, dan saat ini sedang proses visa untuk magang ke Turki. Negara lain yang sudah jajaki kerja adalah Australia dan Jerman. Ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh anak muda dari Kabupaten Sikka jika memilih kuliah di ITB STIKOM Bali.

“Secara teknis, Pemerintah Kabupaten Sikka akan mengirimkan mahasiswa yang terseleksi baik dengan biaya sendiri, dibiayai oleh pemerintah maupun pihak ketiga. Mereka akan kuliah dulu di ITB STIKOM Bali kemudian nanti akan dikirim magang di luar negeri sambil tetap melanjutkan kuliahnya di STIKOM Bali secara e-learning,” jelas Dadang.

Setelah magang, kata Dadang Hermawan, para mahasiswa mendapatkan segala wawasan internasional baik dari sisi bahasa, pengalaman kerja dan tentu saja uang. Setelah magang berakhir, mereka akan kembali melanjutkan satu sampai dua semester di ITB STIKOM Bali sampai tamat. “Kemudian terserah mereka, apakah harus kembali ke Kabupaten Sikka atau berkarir di manapun,” tandasnya.

Lebih jauh Dadang Hermawan menjelaskan,  apabila mengukti magang 1-2 tahun, mahasiswa tidak perlu cuti. Namun jika waktu magang   sampai 3 tahun maka mahasiswa harus cuti dulu setahun  di ITB STIKOM Bali, dan selama magang,  akan mengikuti pembelajaran digital atau e-learning selama 2 tahun.

“Tapi kalau setahun – dua tahun magang, mereka langsung belajar tidak ada cuti sehingga bisa tamat on time juga,” imbuhnya. Mereka akan ditempatkan magang diberbagai perusahaan yang bersentuhan dengan IT baik di perhotelan, pertanian, pabrik, perusahaan IT dan lainnya,” bebernya.

Pada  kesempatan itu Bupati Robby Idong  mengakui kelebihan yang ditawarkan ITB STIKOM Bali kepada calon mahasiswa-mahasiswi dari Kabupaten Sikka. “STIKOM Bali sangat bagus, kuliah sambil diperkenalkan dengan dunia kerja. Kuliah sambil kerja,” katanya.

Menurut menurut Robby Idong, apa yang ditawarkan ITB STIKOM Bali ini adalah terobosan yang paling hebat, ini merupakan pembelajaran yang paling hebat. “Begitu tamat dari STIKOM Bali, sudah lulus dari dunia kerja melalui pemagangan.  Selanjutnya bisa kerja sesuai pilihan, atau mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri,” kata Roby Idong.

Robby berharap kerja sama ini segera direalisasikan. Dia menargetkan, untuk  tahun 2020 ini akan mengrim 100 hingga 200 anak muda Sikka untuk kuliah di ITB STIKOM Bali sambil mengikuti magang ke luar negeri.

Untuk pembiayaan, Robby Idong menjekasakan bawah dalam PKS sudsah diatur pembiayaan bisa secara mandiri, dibiayai oleh Pemkab Sikka maupun menggunakan KUR.

“‘Dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi kerja sama ini  kepada anak muda Sikka  yang akan lulus SMA/SMK sederajat tahun ini sehingga  mereka berminat melanjutkan kuliah di STIKOM Bali sambil mengikuti program  magang keluar negeri. (rsn)

 

Recommend to friends
  • gplus
  • pinterest

About the Author

Leave a comment